Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Duta Bahasa Kalimantan Selatan yang berhasil terpilih pada pemilihan duta bahasa 2018 siap berlaga di pemilihan tingkat nasional yang pelaksanaannya dijadwalkan bulan Oktober di Jakarta.

Kepala Balai Bahasa Kalsel Imam Budi Utomo di Banjarbaru, Senin mengatakan, satu pasang duta bahasa sudah terpilih sehingga mereka berhak mewakili Kalsel di ajang serupa tingkat nasional.

"Duta bahasa Kalsel 2018 terpilih yakni Muhammad Akbar Farhani sebagai terbaik I laki-laki dan terbaik I perempuan Anisa Amelia sehingga keduanya berhak mewakili Kalsel," ujarnya.

Ia mengatakan, Balai Bahasa Kalsel telah menyelenggarakan pemilihan duta bahasa 2018 dengan rangkaian kegiatan selama tiga bulan sejak Februari hingga puncaknya Sabtu malam (28/4).

Dijelaskan, peserta dari seluruh Kalsel mengikuti berbagai seleksi mulai seleksi berkas, tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) dan berhasil lulus enam pasang peserta.

Kemudian, enam pasang peserta yang lulus menjalani masa karantina sekaligus membuat dan mempresentasikan desain kebahasaan dan kesastraan didepan juri yang mengujinya.

"Selesai mempresentasikan, mereka juga diwawancarai para juri dengan tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Inggris serta diminta menunjukan bakatnya," ungkap dia.

Menurut Imam, pemilihan duta bahasa yang dilaksanakan Balai Bahada adalah kegiatan tahunan dengan tujuan untuk menjaring pemuda-pemudi di Kalsel yang cakap dalam berbahasa.

"Kecakapan berbahasa baik bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing. Pemenang pertama laki-laki dan perempuan diikutsertakan kompetisi tingkat nasional," ucapnya.

Duta bahasa Kalsel M Akbar Farhani bertekad mengajak masyarakat Kalsel khususnya generasi muda makin bangga bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing.

"Salah satu cara melestarikan bahasa daerah adalah menyanyikan lagu-lagu berbahasa daerah sehingga sesuai bakat saya menyanyikan lagu-lagu berbahasa Banjar," ujar Farhani.

Sementara itu, duta bahasa terbaik I perempuan Anisa Amelia, bertekad siap memberikan yang terbaik sekaligua bisa mengharumkan Kalsel pada kompetisi tingkat nasional nanti.

"Jika pada 2017, duta bahasa Kalsel berhasil masuk peringkat sepuluh besar, semoga tahun ini dapat lebih meningkat lagi. Kami memohon dukungan seluruh masyarakat Kalsel," katanya.






 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018