Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan perkebunan Sawit PT Subur Agro Makmur (SAM) yang beroperasi di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  menerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor, pada apel Kesiapsiagaan bencana, Kamis (26/4).

Sekretaris (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) GAPKI Kalsel, Hero Setiawan, mengatakan penghargaan itu didapatkan atas partisipasi aktif perusahaan tersebut dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Saya berharap seluruh perusahaan anggota GAPKI bisa mencontoh PT SAM  dalam dalam kesiap-siagaan karhutla, tentu dengan menyesuaikan pada kondisi kebun masing-masing,”katanya.

Baca juga: PT SAM Siaga Bantu Tim Penanggulangan Karhutla

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dengan telah ditetapkannya darurat karhutla, maka perlu diiiringi dengan menggalakkan sistem sosialisasi dan pencegahan, untuk meningkatkan kesadaran bersama terkait penanggulangan karhutla.

"Untuk  kepolisian kami  meminta melakukan penindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, dengan meningkatkan penyidikan dan penyelidikan terhadap pembakar lahan,"katanya

Foto Bersama (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Administratur PT SAM Jonet Budiarto, mengatakan sudah melaksanakan kepedulian terhadap karhutla yang terjadi di luar konsesi, dengan melibatkan semua stakeholder sekitar perusahaan.

“Baik dengan pemerintah tentunya dalam hal ini BPBD HSS, kepolisian dan TNI, merangkul potensi yang sudah ada di tempat kita yaitu BPK dan PMK yang sangat menjamur, ini juga menjadi perhatian kami,"katanya.

Baca juga: PT SAM Gelar Lomba Damkarhutla 2017

Menurut dia,  memang selama ini teman-teman BPK/PMK masih expert dalam pemadaman bangunan makanya pembinaan yang dilakukan PT Subur Agro Makmur, yakni pelatihan teknis pemadaman karhutla.

Selain itu, pembinaan juga dilakukan kepada MPA dan membentuk Kelompok Tani Peduli  Api (KTPA), khusus KTPA  ini merupakan bentukan dari nol oleh perusahaan, KTPA tidak hanya di latih ketangkasannya juga dipenuhi kelengkapan pelindung diri selain sarana pemadaman itu sendiri.

SDM PT SAM site Kandangan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


“KTPA dan MPA binaan PT SAM juga sudah mendapatkan pelatihan bersertifikat dari Direktorat Penanngulangan Kebakaran Hutan dan Lahan ( PKHL) Kalselteng,”katanya.

Baca juga: 180 Karyawan PT SAM Donor Darah Meriahkan "May Day"

Ia menyampaikan, terima kasih kepada semua Stakeholders PT SAM atas bantuan serta arahan dari semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan karhutla, sehingga PT SAM menerima penghargaan dari Gubernur atas peran aktif  dalam penanggulangan karhutla baik dalam konsesi maupun di luar konsesi.

Selain itu,  PT SAM akan tetap meningkatkan kesiagaan karhutla di semua lini mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 5 Tahun 2018.

Penyerahan penghargaan untuk PT SAM diserahkan secara langsung oleh Gubernur Kalsel diterima Administratur PT SAM Jonet Budiarto, saat gelaran apel kesiapsiagaan bencana, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalsel, Banjarbaru.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018