Barabai, (Antaranews Kalsel) - Jaringan irigasi sekunder di Desa Tanah Habang Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  yang memanfaatkan saluran bendungan Batang Alai sudah siap difungsikan.

Launching pemanfaatan jaringan irigasi tersebut dilakukan langsung oleh Plt Bupati HST H A Chairansyah dengan membuka pintu air bersama-sama kontraktor pelaksana dan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan 2 di Desa Tanah Habang, Rabu (18/4).

Kontraktor pelaksana Poerwanto menyampaikan jaringan irigasi Tanah Habang yang sudah terbangun sepanjang 4,6 km mampu mengairi 820 Ha lahan pertanian di kecamatan BAS.

"Jaringan irigasi itu nantinya akan mensuplay air ke Desa Tanah Habang, Cukan Lipai, Mandam, irigasi intangan dan Kahakan melalui jaringan irigasi tersier," katanya.

Progress pembangunan menurut sudah sekitar 70,6 persen dan sisanya ditargetkan selesai pada akhir Tahun 2018 ini.

"Sisa penyelesaian pembangunan itu masih terkendala di saluran Desa Anduhum, Paya dan konstruksi siphon karena pengerjaannya di bawah sungai," katanya.

Plt Bupati HST H A Chairansyah juga menyampaikan pertanian merupakan lending sektor dalam pertumbuhan perekonomian di HST, oleh sebab itu jaringan irigasi sangat diperlukan oleh untuk pengairan lahan pertanian.

"Kami harap petani dapat memanfaatkan saluran irigasi itu sebaik mungkin guna menunjang produktifitas pertanian serta dapat berperan mewujudkan ketahanan pangan di Bumi Murakata," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018