Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Nadjmi Adhani mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk mendorong pengembangan sektor wisata setempat sehingga makin banyak yang datang ke kota itu.

"Kami ingin Pokdarwis meningkatkan peran mengembangkan wisata sehingga Banjarbaru semakin dikenal dan makin banyak orang yang datang," ujar wali kota di Banjarbaru, Senin.

Pernyataan itu disampaikan wali kota usai mengukuhkan 13 Pokdarwis berasal dari sejumlah kawasan terutama yang memiliki objek wisata sehingga mereka membentuk suatu kelompok.

Ditekankan wali kota, salah satu upaya memperkenalkan Kota Banjarbaru kepada orang luar adalah melalui objek wisata yang terus dikembangkan seperti objek wisata tematik.

"Objek wisata tematik adalah suatu kawasan yang dibangun sesuai potensi wilayah dengan membuatkan tema-tema tertentu sehingga menarik minat orang untuk mengunjungi," ungkapnya.

Disebutkan, objek wisata tematik yang sudah dibuat diantaranya Kampung Pelangi di Kelurahan Guntung Paikat yang menonjolkan warna-warni rumah-rumah penduduk di bantaran Sungai Kemuning.

Kemudiann, Kampung Pejabat yang merupakan singkatan Pengolah Jamu Loktabat di Kelurahan Loktabat Selatan dan Kampung Purun atau tanaman purun di Kelurahan Palam, Cempaka.

Selanjutnya, Kampung Ikan yang berada di Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara dan Kampung Wisata di Kelurahan Guntung Manggis yang cukup banyak memiliki objek wisata.

"Keberadaan kampung tematik itu, selain dapat lebih meningkatkan sektor pariwisata juga diharapkan meningkatkan sektor ekonomi hingga kesejahteraan masyarakat makin tinggi," ucapnya.

Menurut dia, Kota Banjarbaru tidak memiliki sumber daya alam sehingga pengembangan sektor pariwisata dipilih sebagai potensi yang mampu mendorong ekonomi kerakyatan di kota itu.

"Melalui pariwisata, Banjarbaru bisa lebih maju karena kunjungan orang luar membawa dampak yang positif baik bagi pengembangan ekonomi kerakyatan juga kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata Banjarbaru Hidayaturrahman mengatakan, tujuan pengukuhan Pokdarwis meningkatkan kesadaran masyarakat tentang wisata.

"Pokdarwis merupakan kelompok masyarakat sekitar objek wisata yang berperan menjaga dan memeliharanya sehingga kawasan itu terjaga kebersihan dan kenyamanannya," kata dia.

Ditambahkan, kesadaran masyarakat membentuk kelompok tentang nilai jual objek wisata akan mendorong kekuatan pariwisata sehingga Banjarbaru semakin tumbuh dan dikenal orang.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018