Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Panitia Khusus atau Pansus I pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah setempat tahun 2017 studi komparasi ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Dalam kunjungan ke luar daerah kali ini kami mau mempelajari pembahasan LKPj Kepala Daerah Yogyakarta 2017 oleh DPRD setempat," ujar anggota Pansus I LKPj Kalsel H Suripno Sumas di Banjarmasin saat mau bertolak ke Yogya, Minggu.

"Kita mau tahu bagaimana DPRD DIY dalam membahas LKPj 2017 kepala daerah mereka," tutur wakil rakyat yang bergelar sarjana hukum dan magister hukum asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

Suripno yang juga Wakil Ketua I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel itu mengaku belum mengetahui bagaimana pembahasan wakil rakyat DIY terhadap LKPj kepala daerahnya tahun 2017.

"Tetapi kalau mereka memang bagus dalam pembahasan LKPj 2017 serta hasilnya baik, kenapa tidak kita contoh," tutur pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjawab Antara Kalsel.

Tetapi yang jelas dari studi komparasi tersebut, lanjut alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tersebut, untuk menambah wawasan dan bahan masukan buat pembahasan LKPj Kepala Daerah Kalsel 2017.

"Sesuai pembidangan, Pansus I LKPj Kepala Daerah Kalsel 2017 secara umum membahas bidang hukum dan pemerintahan, sebagaimana bidang Komisi I DPRD provinsi setempat," demikian Suripno Sumas.

Bersama dengan Pansus I tersebut, Pansus III LKPj Kepala Daerah Kalsel 2017 juga studi komparasi, kecuali Pansus II dan IV LKPj tersebut yang konsultasi ke pemerintah pusat, terutama kementerian terkait.

Namun sasaran atau materi studi komparasi sesuai bidang Pansus III, yaitu pembangunan dan infrastruktur, sebagaimana pembidangan Komisi III DPRD Kalsel yang diketuai H Supian HK SH dari Partai Golkar.

Sedangkan bidang bahasan Pansus II yaitu ekonomi dan keuangan, sebagaiman pembindangan Komisi II DPRD Kalsel yang diketuai Suwardi Sarlan SAg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Begitu pula Pansus IV LKPj 2017 itu membahas bidang kesra, sebagaimana pembidangan Komisi IV DPRD Kalsel yang diketuai Yazidie Fauzy SKom dari PKB.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018