Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mempromosikan keindahan alam Kiram dan Gunung Mawar sebagai destinasi wisata baru Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan, Kiram dan Gunung Mawar memiliki keindahan alam yang cukup memesona, sehingga layak untuk menjadi destinasi wisata nasional.

"Obyek wisata Kiram dan Gunung Mawar disekitar Kabupaten Banjar cukup indah dan bisa menjadi destinasi wisata nasional bahkan internasional, sayang kurang promosi," katanya.

Sehingga, tambah dia, perlu upaya seluruh pihak terkait, untuk mengenalkan keindahan alam Kalsel, untuk menarik wisatawan daerah, nasional maupun internasional untuk berkunjung.

Salah satu upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan wisata tersebut, antara lain dengan menggelar event bersepeda bersama pecinta olahraga sepeda.

Sebelumnya, Gubernur, membuka event bersepeda bersama, dengan rute dari Taman Kiram menuju Gunung Mawar dengan jarak tempuh kurang lebih 12 kilometer pada Minggu (8/4), pagi.

Gubernur berharap event sepeda tersebut, juga bisa diselenggarakan secara nasional di Kalsel dengan rute Taman Kiram dan Gunung Mawar, sehingga Taman Kiram dan Gunung Mawar yang kini diperjuangkan untuk masuk pada program strategis nasional (PSN) tersebut, lebih dikenal masyarakat luas.

"Saya ingin nantinya akan ada event bersepeda nasional di Kalsel, khususnya di taman kiram ataupun Gunung Mawar, sehingga masyarakat Kalsel lebih mengenal taman kiram dan Gunung Mawar," katanya.

Taman Kiram berada di lokasi yang strategis karena berada pada segitiga emas antara Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan kabupaten Tanah Laut.

Suasananya juga sangat nyaman dan asyik karena melalui pedesaan dan dikelilingi pegunungan yang masih indah dan hijau penuh dengan pepohonan.

"Melalui event seperti ini, saya ingin nantinya taman kiram dan Gunung Mawar akan menjadi tujuan wisata puncak, seperti wisata puncaknya di Bogor atau Bandung," katanya.

Pada acara tersebut, ribuan peserta tampak penuh semangat mengayuh pedal sepedanya sambil menikmati pesona wisata di Taman Kiram dan Gunung Mawar, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Panitia penyelenggara Mardiana, event bersepeda bersama yang bertajuk "Himung Basapida Ka Gunung Mawar Wan Paman Birin" ini dikuti sedikitnya 3.200 peserta dari seluruh kalangan pencinta olahraga sepeda di Kalsel.

"Selain berolahraga, event ini juga bertujuan untuk memperkenalkan obyek wisata Taman Kiram dan Gunung Mawar yang sekarang sedang "booming" di Kalsel," katanya.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018