Kandangan, (Antaranews Kalsel ) - Tim dan Relawan Dua Pasangan Calon (Paslon) baik dari Jalur Partai Politik (Parpol) dan Jalur Independen di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memunculkan beragam model kampanye kreatif, baik dari tradisi dan kearifan lokal, pantun dan lomba video.

Calon Bupati HSS dari Jalur Partai H. Achmad Fikry, di Taluk Yakin, Minggu (1/4), mengatakan,  berhadir di perlombaan tradisional Balogo se Kabupaten HSS yang diadakan di Desa Taluk Yakin, Kecamatan Angkinang dan dihadiri oleh para pemain dan pecinta balogo se Kabupaten HSS serta masyarakat setempat. 

"Permainan tradisional balogo di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, ada disetiap kecamatan diharapkan adanya permainan balogo selalu dilestarikan dan Insya Allah setiap tahun akan diadakan event balogo di acara hari jadi Kabupaten  HSS,"katanya. 

Dalam acara tersebut, Fikry diberikan kesempatan untuk mencoba permainan balogo, dan juga diminta untuk memberikan trophy dan hadiah kepada juara lomba balogo yang diikuti kalangan anak-anak sampai orang tua.

Selain lomba balogo, relawan Sahabat Achmad Fikry untuk paslon H Achmad Fikry dan Syamsuri ini sebelumnya juga menggelar lomba pantun yang diikuti secara online melalui media sosial, serta tebak gambar, bagi warga yang beruntung mendapatkan tali asih  berupa perangkat elektronik dan souvenir yang disediakan relawan.

Sementara itu dari tim rakat mufakat yang mengusung pasangan indepeden, H Najmuddin-HM Ridha, menggelar lomba kreatif video "Kupiah Haji" yang dilaksanakan dari tanggal 1 April hingga 2 Juni 2018 mendatang.

Keikutsertaan dalam lomba ini dengan cara peserta mengirimkan video saat bernyanyi lagu kupiah haji baik peseorangan ataupun berdua, dan dikirim ke akun media sosial tim Rakat, adapun pengumuman pemenang akan dilaksanakan Minggu (3/6).

Bagi pemenengan dengan kategori video terunik akan mendapatkan jam tangan keren dari tim, begitupun bagi tiga karya video terbaik akan mendapatkan perangkat komunikasi dan souvenir dari Tim.

Diawal Maret lalu, H.M Najamuddin juga meresmikan lomba Balogo yang dilaksanakan warga Gambah Walangku, dan ikut memainkan permainan tradisional yang berasal dari kearifan lokal ini.

"Semoga kedepan segala macam bentuk olahraga traditional dan kesenian daerah agar terus dilestarikan, supaya tidak hilang di telan Zaman,"katanya, saat memberikan sambutan dan ikut bersama warga menikmati pertandingan Balogo tersebut.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018