Kandangan, (Antaranews Kalsel) Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) setempat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana tahun 2018.

Kepala Badan PB Kesbangpol HSS, Efran, di Kandangan, Senin (2/4), mengatakan rapat koordinasi dilaksanakan sebagai bentuk persiapan penanggulangan dan pencegahan bencana di wilayah HSS, dan untuk memaksimalkan usaha penanggulangan bencana dengan bersinergi dengan stakeholder terkait. 

"Untuk Rakor ini kita mengundang berbagai unsur dan pihak terkait, baik dari Polri, TNI, Relawan dan SKPD terkait seperti Dinas Kominfo HSS, Dinkes HSS, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, hingga pihak swasta,"katanya, saat rakor yang bertempat di Aula Kantor Setempat.

Dijelaskan dia, puncak kemarau diprediksi terjadi pada Agustus hingga Oktober mendatang, namun pada pertengahan bulan ini diprediksi sudah memasuki musim kemarau, maka pihak dia  mulai mempersiapkan diri, dengan mempersiapkan posko bencana kebakaran di setiap kecamatan di wilayah HSS.

Adapun untuk  pelaksanaan Hari kesiapsiagaan bencana 2018 dilaksanakan untuk tingkat provinsi pada tanggal 26 April , sementara di tingkat kabupaten direncanakan akan dilaksanakan pada 30 April mendatang dan dipusatkan di Lapangan Datu Durabu, Kecamatan Kalumpang.

Di tingkat Kabupaten HSS, peringatan akan melibatkan seluruh komponen terkait, seperti dari unsur TNI, Polri, kerukunan dan relawan penanggulangan bencana dan pihak terkait di Kabupaten HSS dan dirangkai simulasi  menyelamatkan diri dari kemungkinan bencana.

"Ada lima point simulasi yang akan ditampilkan, yakni  penanggulangan bencana untuk banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran lahan dan hutan serta permukiman, serta kekeringan,"katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018