Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pesona Adat Dayak Meratus IV di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai pertunjukan budaya adat asli suku Dayak setempat.

Kegiatan yang berlangsung sejak 29-31 Maret 2018 tersebut, menarik perhatian warga dari berbagai penjuru daerah.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan, Mandan mengatakan, berbagai acara tambahan dengan merangkul lebih banyak unsur masyarakat dan komunitas, sehingga acara gelaran Pesona Adat Dayak Meratus keempat ini berlangsung lebih meriah.

Diantaranya, festival menyumpit, bagasing, mutuu, balugu, kenjee, kakuyaan, basingki, lomba undang adat, lomba tari Dayak Meratus, gelar seni budaya, pameran kerajinan dan kuliner, wisata alam dan budaya, pengobatan tradisional, Gowes Adventure dengan rute wisata alam dan budaya adat, serta fotografi budaya.

"Hal tersebut tentu merupakan cara tersendiri agar para peserta lebih mengenal lagi wilayah Kecamatan Halong, yang kaya akan adat, budaya, wisata alam, dan keberagaman penduduk yang ramah terhadap pengunjung," ungkapnya.

Pagelaran Pesona Adat Dayak Meratus sendiri telah menjadi even tahunan yang digelar sejak tahun 2015 lalu.

"Gelaran Pesona Dayak Meratus sebagai upaya untuk merajut kembali budaya leluhur adat dayak setempat, agar tidak tergerus zaman dan tetap menjadi kekayaan ragam budaya Indonesia," jelasnya.

Hadir dalam rangkaian acara tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin, didampingi Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni, dan Kepala Kejaksaan Negeri Paringin, H Tommy Kristanto.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018