Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Partai Demokrat Kalimantan Selatan (Kalsel) bertekad meraih kemenangan pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 di provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten/kota.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalsel H Rusian menyatakan tekad pada pembukaan Musyawarah III Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai politik (parpol) tersebut seprovinsi itu di Aria Barito Hotel Banjarmasin, Kamis.

"Kita harus menang pada Pemilu 2019 atau minimal mengembalikan kejayaan/keberhasilan Pemilu 2009," tegas mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Banjarmasin dan mantan Ketua DPRD Kota setempat itu.

Oleh karenanya guna meraih kemenangan tersebut semua fungsionaris dan kader/anggota Partai Demokrat harus bekerja keras serta merapatkan barisan, demikian Rusian.

Sementara Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan & Kaderisasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo pada pembukaan Musyawarah III DPC parpol tersebut se-Kalsel tersebut fokus pembinaan internal.

Ia berharap, agar para ketua baru DPC Partai Demokrat berusaha maksimal atau mampu menambah keanggotaan DPRD setempat dari parpolnya.

"Bila tidak mampu menambah keanggotaan DPRD dari Partai Demokrat, maka ketua DPD dan DPC-nya akan kita coput," tegas pensiunan jenderal TNI itu.

Mengenai pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia tahap III tahun 2018, dia minta, semuka kader Demokrat harus memenangkan figur diusung parpolnya.

"Jangan ada kader Demokrat yang hianat atau tidak loyal dengan parpolnya. Kalau tidak senang lagi dengan Demokrat silakan mundur," demikian Pramono Edhie.

Hasil Pemilu 2009 untuk keanggotaan DPRD Kalsel yang berjumlah 55 orang itu, Demokrat berhasil meraih sembilan, tetapi pada periode 2014 - 2019 menurun menjadi empat saja lagi atau pas-pasan satu fraksi berdiri sendiri.

Begitu pula untuk keanggotaan DPR-RI dari Partai Demokrat asal daerah pemilihan Kalsel sebelumnya berhasil meraih dua dari 11 jatah, namun kini atau hasil Pemilu 2014 nihil.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018