Martapura,(Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menggelar bursa kerja (job fair) yang menyediakan ratusan lowongan kerja dari belasan perusahaan yang berpartisipasi pada kegiatan itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Banjar Safrin Noor di Martapura, Jumat, mengatakan ajang bursa kerja dilaksanakan selama dua hari yakni 20-21 Maret 2018.

"Pelaksanaan `job fair` selama dua hari itu dipusatkan di halaman kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar Jalan Jenderal Ahmad Yani Km 37,5 Martapura," ujarnya.

Ia mengatakan, masyarakat terutama pencari kerja bisa memanfaatkan "event" itu untuk mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai kualifikasi pendidikan serta persyaratan perusahaan.

Disebutkan, lowongan pekerjaan yang dibuka selama dua hari pelaksanaan "job fair" mencapai ratusan yang dibuka oleh sejumlah perusahaan khususnya yang menjalankan usaha di kabupaten itu.

"Kami mengimbau pencari kerja benar-benar memanfaatkan `event` itu, karena lowongan pekerjaan yang tersedia mencapai ratusan dan mencari tenaga kerja dari berbagai sektor," ujarnya.

Dijelaskan, pelamar yang mendatangi lokasi bursa kerja, sebelum mengajukan lamaran, terlebih dahulu melakukan registrasi dalam jaringan (online) melalui e-bursa.kerja.kemenaker.go.id.

"Jika pelamar sudah registrasi, maka diminta mencetak "barcode" yang ada di website dan harus dibawa sebagai bukti sudah mendaftar pada saat penerimaan berkas lamaran di `job fair`," ujarnya.

Menurut dia, setiap pelamar juga bisa melihat dan memilih jenis pekerjaan yang ditawarkan sejumlah perusahaan, melalui website resmi milik perusahaan yang ikut dalam kegiatan tersebut.

"Kami mengajak pencari kerja untuk mendatangi lokasi sehingga mereka bisa melihat langsung lowongan pekerjaan kemudian memasukan lamaran sesuai kompetensinya," kata dia.

Dikatakan, pelaksanaan bursa kerja itu dibantu pemerintah pusat yang telah menjalin koordinasi dengan sejumlah perusaaan sehingga mereka mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini difasilitasi pemerintah pusat dan pelaksanaannya bertujuan mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Banjar yang cukup tinggi," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018