Tim penilai lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tingkat nasional melakukan penilaian ke Desa Ribang Kecamatan Muara Uya Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Tim dari PKK pusat yang mengunjungi Tabalong, Selasa, yaitu Endang Haryanto dan Intan Endang serta dari Kementerian Kesehatan Erry HZD.

Menurut salah satu tim penilai, Erry, Posyandu Melati di Desa Ribang Kecamatan Muara Uya masuk enam besar nominasi lomba Posyandu tingkat nasional dan penilaian dilakukan untuk menentukan peringkat I sampai VI.

"Tahun ini ada enam propinsi yang masuk dalam nominasi lombà Posyandu tingkat nasional, salah satunya Posyandu Melati dari Desa Ribang mewakili Kalimantan Selatan," jelas Erry.

Lima provinsi lainnya yang masuk nominasi nasional lomba Posyandu, yakni Bangka Belitung, Bali, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Selatan.

Kegiatan penilaian juga dihadiri perwakilan dari BKKBN Provinsi Kalsel Chamnah Wahyuni, Sekda Tabalong, Afdel Fadilah serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tabalong.

Dalam laporannya, Ketua Posyandu Melati Sri Utara mengatakan, saat ini jumlah kader Posyandu 10 orang dengan beberapa kegiatan di antaranya Bina Keluarga Balita, Posyandu Lansia, Gerakan Sayang Ibu dan bina lingkungan keluarga.

Termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Iqra Terpadu dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) seperti usaha simpan pinjam.

"Untuk posyandu balita anggotanya sekitar 117 orang dan posyandu lansia 122 orang dengan jumlah kader posyandu 10 orang," kata Sri.

Ketua TP PKK Tabalong Sumiati Rachman Ramsyi mengatakan, prestasi yang diraih posyandu melati cukup membanggakan dan bisa menjadi contoh bagi posyandu lainnya.

"Posyandu melati Desa Ribang sebelumnya meraih juara terbaik untuk lomba posyandu tingkat kabupaten dan akhirnya bisa masuk nominasi nasional," kata Sumiati./mia/C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012