Pelaihari,(Antaranews Kalsel)-Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Fitrian Noor mengatakan, agribisnis jagung di daerah Tanah Laut merupakan terbaik di Kalimantan.

"Kenapa dikatakan demikian karena Tanah Laut memiliki pasar jagung, luas tanam, produksi hingga pabrik pakan ternak,"ujar Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Tanah Laut Fitrian Noor, di Pelaihari, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya petani, pembeli dan pabrik ada di Tanah Laut, maka sangat menguntungkan bagi daerah.

Sementara daerah lain diluar Kalsel, sebut dia, tidak memiliki pabrik, sehingga hasil produksi jagungnya dijual ke pabrik pakan di Tanah Laut.

Dengan demikian, jelas dia, Tanah Laut kedepan terus meningkatkan produksi dan perluasan tanam jagung.

Dia berharap, dukungan regulasi pemerintah provinsi dan pusat sangat diperlukan untuk mendukung upaya ketahanan pangan nasional.

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Hotikultura Kalsel Faturahman sangat mendukung upaya kabupaten/kota untuk meningkatkan produksi dan perluasan tanam jagung di Kalsel.

Diakuinya, hampir 65 persen produksi jagung di Kalsel berasal dari Tanah Laut.

Kemudian, terang dia, untuk meningkatkan produksi jagung di Kalsel tahun 2018 dilakukan perluasan lahan tanam baru 300 ribu hektare.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018