Pemadihin HST Jumairi dan Anak Kandungnya M Said Ardani dari Tabudarat, Kecamatan Labuan Amas Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dipastikan akan mewakili Kalimantan Selatan dalam ajang Pertunjukan Seni Budaya Anjungan Kalimantan Taman Mini Indonesia Indah pada 24-25 Nopember 2012 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Tengah H Ahmad Syahriani Effendi, Selasa mengatakan, pagelaran Seni Budaya dan Pariwisata  yang dilaksanakan di Anjungan Kalimantan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Diikuti oleh 4 (empat) Propinsi Kalimantan Selatan mengangkat tema “The Explore Exotico of Borneo” dengan kegiatan gelar seni budaya, Pameran produk kerajinan dan Kuliner.

Materi tampilan antara lain untuk Kalimantan Barat berupa pameran pariwisata, aneka cagar budaya, tarian selamat datang, tarian taja’ba,m tarian Baruma, tari Melayu dan lagu daerah beretnik Melayu, Kalimantan Tengah dengan Tarian dari Kabupaten Kapuas.

Sementara untuk Kalimantan Selatan ditampilkan Pameran Kerajinan dari Kabupaten Tapin, Tari Pesisir dari Kabupaten Tala dan Seni Madihin dari Kabupaten HST.

“Jadwal kegiatan untuk anjungan Kalbar 21-22 April 2012, Kaltim 23-24 Juni 2012, Kalteng 22-23 September 2012, dan Anjungan Kalsel tanggal 24-25 Nopember 2012, jadi untuk delegasi kita masih cukup waktu untuk mematangkan segala sesuatunya untuk persiapan kegiatan,”katanya.

Lebih lanjut Plt Kabid Kebudayaan dan Kepemudaan Hayani Z menambahkan keberangkatan Pemadihin HST telah disampaikan kepada Bupati HST H Harun Nurasid, dan hal ini untuk menindak lanjuti surat dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Selatan perihal Pertunjukkan Seni Budaya Anjungan Kalimantan TMII Jakarta.

Lebih lanjut diterangkannya untuk penampilan seni Madihin untuk dua orang dari Kabupaten HST dana transfort dan uang saku ditanggung Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten HST bidang Pemuda dan Kebudayaan sedangkan akomodasi, konsumsi ditanggung oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalimantan Selatan. (Fat/C)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012