Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, siap mendatangkan kapal pesiar asal Miami untuk datang dan menjelajahi wisata di Kota Banjarmasin dan beberapa daerah di Kalimantan Selatan.

GM Pelindo III Banjarmsin Recky Julius Uruilal di Banjarmasin Jumat mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisata daerah, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola Kapal pesiar (cruise ship atau cruise liner).

Dari hasil koordinasi tersebut, sekitar 500 wisatawan dari Miami siap singgah di Banjarmasin untuk menjelajah wisata alam di Kalsel.

"Untuk kapal cruise biasanya diisi oleh 500 orang, kapal-kapal tersebut, biasanya secara berkala datang mengelilingi berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kumai yang rutin dikunjungi," katanya.

Berdasarkan kesepakatan, pada 2018 ini, kapal wisata tersebut, akan singgah di Kota Banjarmasin.

"Kami sudah koordinasikan rencana tersebut dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerintah Provinsi Kalsel," katanya.

Berdasarkan wiki pedia, kapal pesiar (bahasa Inggris: cruise ship atau cruise liner) adalah kapal yang dipakai secara khusus untuk tujuan rekreasi.

Para Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang.

Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar berbeda dengan kapal samudra (ocean liner) yang melakukan rute pelayaran reguler di laut terbuka, kadang antar benua, dan mengantarkan penumpang dari satu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lain.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, menyambut baik program tersebut, dengan mempersiapkan berbagai program wisata susur sungai maupun budaya dan kuliner.

"Saat ini, kami sudah sangat siap menyambut kunjungan wisatawan dari luar negeri, termasuk suguhan yang akan kita berikan, baik itu budaya maupun kulinernya," katanya.

Kedatangan rombongan kapal pesiar tersebut, tambah dia, diyakini akan banyak membawa dampak positif bagi perkembangan wisata daerah.

"Biasanya rombongan kapal pesiar tersebut, hanya akan berada di daerah satu hari saja, namun demikian, sudah sangat menggembirakan, karena disinggahi saja, sudah suatu kebanggaan," katanya.

Keuntungan yang bakal didapat, antara lain wisata Kalsel khususnya Banjarmasin akan semakin dikenal dunia, selain juga dampak ikutan lainnya, terutama bagi uMKM. 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018