Barabai, (Antaranews Kalsel) - Ketua PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Hj Ernawati Chairansyah meminta ibu-ibu PKK di kecamatan dan desa untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan kantor untuk ditanami berbagai macam tanaman toga, hortikultura dan yang bermanfaat lainnya. 

Hal tersebut disampaikannya usai pelantikan perangkat desa di Kantor Kecamatan Barabai  bersama-sama dengan Plt Bupati HST H A Chairansyah memanen brokoli hasil tanaman para PKK Kecamatan Barabai di pekarangan kantor, Kamis (8/2).

Sekarang rata-rata Pembakal sudah punya kantor yang baru, Hj Ernawati berharap agar para ibu-ibu PKK dapat bekerjasama dengan perangkat desa untuk memanfaatkan pekarangan sekitar kantor untuk ditanami berbagai macam tanaman.

"Baik itu tanaman hias, toga maupun tanaman hortikultura yang nantinya dapat bermanfaat dan terlebih dapat dijual untuk menambah pendapatan desa," katanya.

Menurutnya sebagai pengurus PKK harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain agar bisa memaksimalkan pekarangan rumah dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat.

"Dengan banyaknya tanaman di pekarangan rumah dan kantor kita, selain bisa membuat indah juga terlihat lebih nyaman, tanaman tersebut juga bisa di manfaatkan untuk keperluan kita dan keluarga sehari-hari," katanya.

Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk meminimalisir pengeluaran dalam rumah tangga, karna tidak perlu membeli dan uangnya bisa disimpan untuk keperluan lainnya lagi.

"Kami mengajak para ibu-ibu dan Bapak juga untuk menjadikan rumah tangga yang kreatif dan memanfaatkan setiap peluang yang bisa dijadikan usaha," pesannya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018