Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, segera membangun terminal "Liquid Petroleum Gas"(LPG) di Pelabuhan Trisakti Baru di Basirih, Mantuil untuk memudahkan masyarakat maupun industri mendapatkan pasokan LPG.


GM Pelindo III Banjarmsin Recky Julius Uruilal di Banjarmasin, Rabu, mengatakan pembangunan terminal LPG tersebut sebagai salah satu rencana pengembangan pelabuhan Trisakti Baru.

"Rencana pembangunan terminal LPG tersebut telah kami koordinasikan dengan seluruh pihak terkait, termasuk Pemkot Banjarmasin dan Pemprov Kalsel," katanya.

Melalui pembangunan terminal tersebut, tambah dia, diharapkan akan mampu mendukung pasokan gas baik untuk perusahaan besar, industri kecil, maupun masyarakat.

Saat ini, tambah dia, rencana pembangunan tersebut sedang dalam proses studi kelayakan untuk memastikan pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Rencana pembangunan terminal LPG tersebut merupakan salah satu dari berbagai program pengembangan Pelabuhan Trisakti Baru di lahan pemerintah daerah seluas 400 hektare.

"Kami akan berkolaborasi untuk melaksanakan pembangunan ini," katanya.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai kesepakatan dengan PT Pelindo dan pihak terkait untuk mengembangkan Pelabuhan Trisakti Baru.

"Intinya, untuk lahan kita sudah siap karena ada bangunan eks perusahaan kayu yang tidak terpakai," katanya.

Rencananya, lokasi akan dikembangkan sebagai kawasan terpadu, baik itu untuk kawasan industri, pergudangan dan berbagai program tematik dari PT Pelindo.

Khusus pengembangan tematik, tambah dia, antara lain adalah pembangunan terminal LPG dan pembangunan kawasan pelabuhan kontainer.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, tambah dia, pihaknya telah melakukan survei ke beberapa pelabuhan yang telah melaksanakan sistem tersebut, seperti ke Teluk Lamong, yang sudah melaksanakan sistem tersebut dengan baik.

"Rencananya, bulan depan akan ada dua investor yang akan masuk, baik dari dalam negeri maupun luar negeri,"katanya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018