Baca juga: Kwarcab Pramuka Tala Gelar Karang Pamitran Pembina Baca juga: Kwarcab Pramuka Tala Gelar Karang Pamitran PembinaBatulicin, (Antaranews Kalsel) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1022 Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberilkan pembinaan dan kepelatihan kepada angota pramuka tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) kecamatan Simpang Empat sebanyak 610 orang.

Komandan Kodim 1022 Tanah Bumbu Letnan Kolonel CZI Andi Setiawan, di Batulicin
, mengatakan pembinaan dan kepelatihan terhadap 610 anggota pramuka tersebut dimulainya kerjasama antara Kodim 1022 TNB dengan pembina Kwartir Simpang Empat.

"Kegiatan dan kerjasama ini baru kita laksanakan atas permintaan pembina pramuka tingkat Kwaran, dan kami siap untuk menfasilitasi apa yang menjadi agenda kegiatan pramuka," katanya.

Ia mengatakan, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Markas Kodim dan Kompi selam satuhari penuh. adapun materi yang diampaikan adalah kegiatan-kegiatan untuk melatih hidup mandiri, disiplin tanggung jawab dan sosial.

Kedepannya, kerjasama ini akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas anggota pramuka yang ada di Tanah Bumbu. sebab meraka yang akan menjadi ujung tombak kemajuan gerakan pramukaan di pedesaan.

Ketua Kwaran Kecamatan Simpang Empat M. Condro Kasianto menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak TNI atas kerjasama yang dilakukan dengan memberikan fasilitas untuk pelaksanaan pembinaan pramuka.

Menurutnya, ditengah perkembangan jaman saat keberadaan organisasi pramuka sangatlah penting, dina=man dalam organisasi ini para anggota akan menempa ilmu dan mpendidikan sehingg mereka mampu menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, belajar untuk dekat dan lebih mencintai alam, belajar berorganisasi dan bekerjasama dan meningkatkan kepedulian.

"Dalam Dasa Dharma Pramuka diajarkan untuk menyayangi antar manusia, sopan, rela menolong, dan bersahaja. Di Pramuka biasanya juga melaksanakan kegiatan bakti sosial melalui penggalangan bantuan dari anggotanya dan selain itu kita juga diajarkan untuk saling membantu teman yang kesusahan," katanya.

    

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018