Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan, H Achmad Fikry, mengatakan, pejabat pengawas merupakan pejabat yang paling menentukan dalam hal pengambilan keputusan seorang pimpinan. 

Menurut dia, seorang pejabat pengawas dapat memberikan input bagi pimpinan, pejabat pengawas juga menguasai bidang masing-masing dan menguasai persoalan-persoalan teknis.

"Idealnya, seorang pejabat pengawas mengawasi pelaksana,"katanya, saat memberikan sambutan malam silaturrahmi dengan para pejabat pengawas, di Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan, Senin (29/1) malam. 

Dijelaskan dia, sekarang ini kompetensi aparatur diukur dengan pendidikan, Aparatur Sipil Negara(ASN) yang pendidikan terakhirnya lulusan SMA, banyak yang berpotensi untuk menduduki jabatan, akan tetapi terkendala dengan peraturan.

Untuk itu, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten(Pemkab)  HSS yang sekarang di tingkat Eselon IV, diharapkan mampu menjaga kepercayaan dan amanah yang diberikan.

 "Pejabat pengawas merupakan jabatan awal untuk meniti karier ke depan, belajarlah jadi pemimpin, sejak menjadi Pejabat Pengawas," katanya.

Ia mengarahkan, agar para pejabat pengawas mempertanggungjawabkan amanah yang diterima dengan bekerja secara profesional, dan pejabat pengawas juga harus menguasai data. 

Input awal yang berasal dari pejabat pengawas, maka apabila  salah menyajikan data, tidak mustahil keputusan pimpinan akan salah. 

Pejabat pengawas bertugas untuk menyaring informasi atau data yang disediakan Pejabat Pelaksana, selain itu, dalam menduduki suatu jabatan, di kepegawaian ada test kompetensi, nantinya juga ada test psikologi dan kejiwaan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para pejabat pengawas, atas dukungan mereka kepada dirinya dan wakil bupati, sehingga HSS bisa tumbuh dan berkembang,"katanya. 

Tak lupa, ia memohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan, selama kurun waku kepemimpinannya sebagai Bupati HSS bersama Wakil Bupati HSS. 

Ditambahkan dia, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), angka kemiskinan di HSS berkurang dalam makna yang lebih luas, dari apa yang dilakukan Pemkab HSS selama ini, manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018