Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Petugas gabungan yang terdiri dari Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarmasin "membersihkan" trotoar dari para Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Kami ingin mengembalikan fungsi trotoar sebagai tempat yang nyaman bagi pejalan kaki," kata Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo di Banjarmasin, Selasa.

Dalam penertiban itu, petugas menyisir kawasan Pasar Sudimampir dari Jalan Hasanudin hingga Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin Tengah.

"Kawasan pusat kota ini diketahui paling banyak PKL yang berjualan di sepanjang trotoar, makanya jadi sasaran pertama kami untuk ditertibkan," kata Wibowo yang memimpin giat penertiban itu.

Selain pedagang yang menutupi lintasan trotoar, petugas juga menyasar kendaraan bermotor yang di parkir pemiliknya secara sembarangan di atas trotoar.

"Kami amankan dua unit sepeda motor dan satu gerobak karena tak ada pemiliknya saat ditemukan di atas trotoar," ujar Wibowo.

Menurut dia, aksi penertiban perdana itu sifatnya masih imbauan dan teguran. Namun pada razia berikutnya akan langsung ditindak tegas bagi para pelanggar.

"Kalau kendaraan parkir di trotoar tentu kami kenakan sanksi tilang, sedangkan pedagang akan diproses oleh Satpol PP," imbuh Perwira alumni Akpol angkatan 2005 itu.

Wibowo pun mengimbau masyarakat dan pedagang untuk tidak lagi menyalahgunakan fungsi trotoar, sehingga Kota Banjarmasin menjadi bersih dan tertib serta pejalan kaki akan lebih nyaman saat berjalan di tepi ata sisi kanan dan kiri jalan raya tersebut.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018