Makassar, (Antaranews Kalsel) - Rombongan delegasi Komisi Eropa mengunjungi sekaligus menikamti keindahan alam Pulau Delta Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Kota Makassar seperti kota-kota besar lainnya yang sangat bising, tetapi ternyata ada juga tempat menarik yang seperti Pulau Delta Lakkang," ujar perwakilan rombongan delegasi Komisi Eropa, Esperanza melalui penerjemahnya di Makassar, Jumat.

Esperanza yang berasal dari Kota Sevilla, Spanyol itu mengaku takjub dan senang bisa berkunjung ke Pulau Delta Lakkang yang merupakan salah satu wilayah kelurahan yang berada di tengah Kota Makassar.

Di kawasan pulau yang tampak mempesona itu, rombongan delegasi Komisi Eropa menghabiskan banyak waktu untuk melakukan swafoto, baik dengan warga lokal, bunker peninggalan Jepang, kawasan pemukiman penduduk maupun kawasan mangrove yang mengelilingi pulau itu.

Bahkan selain bisa melihat pemandangan wisata alam dan benda peninggalan sejarah seperti bunker, juga mereka bisa bercengkrama langsung dengan warga lokal di pulau tersebut.

"Area ini sangat cantik, semuanya masih alami. Masyarakatnya juga ramah. I love Makassar," kata Esperanza.

Sementara itu, Camat Tallo, Zainal A Takko didampingi Lurah Lakkang Zuud Arman yang mengantar rombongan wisatawan asing itu turut memberikan penjelasan tentang sejarah Pulau Delta Lakkang.

Menanggapi pemaparan camat itu, pihak delegasi Komisi Eropa menilai adanya kesamaan antara daerah Sevilla (Spanyol) dengan Pulau Delta Lakkang karena kedua wilayah ini memiliki ciri khas yang letaknya dibatasi sungai dengan pemukiman warga perkotaan.

Bahkan mereka (delegeasi Komisi Eropa) yakin bahwa Lakkang bisa dibangun seperti Sevilla yang kini menjadi pusat wisata, ekonomi dan teknologi.
   
"Kalau saya liat memang banyak persamaan Lakkang dengan Sevilla. Bedanya, di Sevilla tidak dihuni oleh masyarakat, sementara Lakkang dihuni oleh banyak masyarakat, sehingga kita tekankan jika mereka ingin membuat bangunan di Lakkang maka harus sosialiasasi agar masyarakat tidak dirugikan," kata Zainal.

Lurah Lakkang, Zuud Arman mengaku sangat bersyukur dengan adanya kerja sama Pemerintah Makassar dan Spanyol untuk membangun Pulau Delta Lakkang demi kesejahteraan masyarakat./f

Pewarta: Muh Hasanuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018