Kandangan, (Antaranews Kalsel)-Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan hasil-hasil pembangunan yang ada di Desa Amawang Kiri Kecamatan Kandangan, sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2017.

Kepala Desa Amawang Kiri,Syaiful Rahman, di Amawang Kiri, mengatakan,  terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, yang terus memberikan bantuan dan perhatian kepada Desa Amawnag Kiri. 

"Peresmian hasil-hasil pembangunan yang ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati HSS,  juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat dan Pemkab HSS,"katanya.

Dijelaskan dia, Desa Amawang Kiri dengan jumlah penduduk pada akhir tahun 2017 1190 jiwa, jumlah Kepala Keluarga (KK) 809, yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, dan penduduk miskin sebanyak 180 RTS.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dengan APBDes  tahun anggaran 2017 adalah peningkatan jalan Ambar dengan dana sebesar Rp128.706.000, peningkatan jalan gang sahrum sebesar Rp97.802.000.

Pemasangan listrik masyarakat RTM sebanyak 28 buah dengan dana sebesar Rp72.800.000, pamsimas desa sebanyak tiga  buah, WC keluarga bagi masyarakat RTM 54 buah.

"Untuk tahun 2018 ini direncanakan JUT tangkawang RT 1, JUT sungai datu, jalan pemukiman SD inppres RT 1, pembangunan WC dab pemasangan listrik bagi masyarakat RTM,"katanya.

Selain itu, Untuk tahun ini juga Bumdes akan mulai bergerak untuk menunjang usaha kecil di Desa Amawang Kiri, yakni kripik Patigan dan Kambang Durian, dari masyarakat  atau UKM akan dikemas sedemikian rupa untuk dipasarkan ke kios dan toko serta mini market.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan  bersyukur kegiatan di tahun 2017 ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Ia menjelaskan menjelang lima tahun ini, banyak program dan kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat seperti beras sejahtera, rumah sejahtera, jaminan hidup untuk para lanjut usia dan lain sebagainya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada kepala desa yang sudah mendukung program Pemkab HSS, sehingga pembangunan di Amawang Kiri berjalan dengan baik,"katanya saat memberikan sambutan, di Amawang Kiri, Jum'at (26/1) pagi.

Tak lupa, ia berpesan agar hasil-hasil pembangunan,  baik jalan dan lain-lain dapat dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir, para Kepala OPD, Camat Kandangan Ronaldy P Putra  beserta Ketua TP PKK Kecamatan Kandangan, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kandangan, para kepala desa dan lurah se Kecamatan Kandangan, para alim ulama, guru agama, tokoh masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018