Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS)  menggelar kegiatan dialog pembangunan dan silaturrahmi dengan ulama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Angkinang.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Angkinang, Kamis (18/1), mengatakan berharap kegiatan silaturahmi dan dialog itu bisa memberikan masukan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS terkait dengan pembinaan terhadap ummat.

"Dengan adanya masukkan, MUI Kabupaten HSS bisa merumuskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan bersama dengan pemerintah, terutama untuk kemaslahatan ummat  supaya bidang keagamaan bertambah maju, sesuai visi kabupaten yang religius,"katanya.

Menurut dia, khusus untuk masalah keagamaan pihaknya beserta Jajaran Pemkab HSS benar-benar menyerahkan  kepada MUI Kabupaten lebih paham dan mengetahui terkait dengan permasalahan agama.

Menurut Bupati,  Pemkab HSS akan selalu mendukung kegiatan MUI HSS sesuai kewenangan seperti pemberian dana hibah kepada MUI HSS.

Camat Angkinang, Dian Marliana, mengatakan kegembiraannya bisa dilaksanakannya pertemuan para ulama, tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Angkinang yang dipimpinnya.

"Sebelumnya kita sudah melakukan musyawarah bersama dengan MUI Kecamatan Angkinang, untuk merumuskan langkah-langkah yang terbaik untuk mengatasi bila ada permasalahan keagamaan di wilayah Kecamatan Angkinang," katanya, saat menyampaikan laporan, bertempat di aula Kantor Kecamatan Angkinang, Kamis (18/1).

Sementara itu, Ketua MUI HSS KH Muhammad Ridwan Baseri, mengatakan kegiatan silaturahmi ini dilaksanakan untuk memantapkan langkah MUI HSS, dalam menggali permasalahan yang mungkin ada di tingkat kecamatan.

Menurut dia, dalam menggali masalah yang ada ditengah umat harus bisa diselesaikan dengan sebaik mungkin, dan pihaknya perlu saran dan masukkan dari semua pihak.

"MUI HSS bertekad untuk terus menjaga semangat keagamaan di tengah masyarakat, dan bila seluruh masyarakat agamanya terjaga, maka hal lain yang bersifat keduniawian akan ikut terjaga dengan sendirinya,"katanya.

Dijelaskan dia, pemerintah sudah berupaya mensejahterakan masyarakatnya dari segi lahiriyah seperti bantuan sosial, beras sejahteran dan bantuan lainnya.

Tugas ulama untuk mensejahterakan bathin masyarakat dengan cara membina masalah keagamaan dan memasyarakatkan majelis sampai ke pelosok desa, dan ini menjadi cita-cita MUI HSS ke depannya, untuk menuju masyarakat HSS sejahtera lahir dan bhatinnya.

Dalam kegiatan ini , Bupati HSS  menyerahkan secara simbolis kartu BPJS kepasa ulama yang ada di Kecamatan Angkinang.

Kartu BPJS khusus ulama itu merupakan bentuk kepedulian Pemkab HSS, kepada para ulama yang selama ini membina ummat di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018