Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan bakal memiliki bus wisata yang siap mengantar penumpang menikmati tempat-tempat wisata dan lokasi bersejarah lainnya di kota setempat.


"Ada dua unit bus yang disiapkan menjadi bus wisata dan melayani siapa saja yang ingin mengunjungi tempat-tempat wisata," ujar Kadishub Banjarbaru Ahmad Yani di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, dua unit bus wisata itu merupakan bus lama milik Damri yang dioperasikan sejak tahun 2002, tetapi dimodifikasi sehingga menjadi angkutan khusus ke tempat-tempat wisata.

Dijelaskan, saat ini dua unit bus masih dalam tahap modifikasi dan ditargetkan selesai pertengahan bulan April 2018 sehingga bisa diluncurkan operasionalnya pada waktu itu.

"Peluncuran dua unit bus wisata itu direncanakan bertepatan peringatan hari jadi Kota Banjarbaru tanggal 20 April 2018 dan operasionalnya diresmikan Wali Kota Nadjmi Adhani," ucap dia.

Menurut dia, dua unit bus melayani destinasi wisata yang tersebar di berbagai lokasi di Banjarbaru dan badan bus akan dilengkapi gambar-gambar menarik agar keberadaannya diketahui masyarakat.

Disebutkan, tempat-tempat wisata yang dilintasi jalur bus seperti lokasi Danau Seran dan Danau Cermin, lokasi pendulangan intan Kecamatan Cempaka, kampung pelangi dan wisata lainnya.

"Siapa saja yang ingin melihat tempat wisata di Banjarbaru, bisa menggunakan sarana transportasi umum itu. Mereka akan diantarkan sesuai tujuan wisata yang ingin dikunjungi," ujarnya.

Dikatakan, jika bus wisata sudah bisa beroperasi maka menjadikan Banjarbaru sebagai kota kelima di Indonesia yang memiliki bus wisata setelah Kota Jakarta, Bandung, Solo dan Malang.

"Keberadaan bus wisata itu tentu membanggakan Banjarbaru karena bisa menyediakan fasilitas umum yang dapat melayani masyarakat melihat tempat-tempat wisata," kata dia.

Ditambahkan, bus wisata dilengkapi petugas pemandu yang siap menjelaskan tempat-tempat wisata yang dikunjungi sehingga penumpang bisa mengetahui lokasi dan sejarahnya.

"Kami akan menempatkan petugas pemandu dari duta pariwisata yakni nanang dan galuh Banjarbaru yang siap menjelaskan setiap tempat dan objek wisata yang dikunjungi," katanya

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018