Martapura, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 29 pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banjar Periode Tahun 2016-2021 di kukuhkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar. Hj Raudhatul Wardiah Khalilurrahman, di gedung Dekranasda Kabupaten Banjar, Rabu (3/1).
 
"Alhamdulillah acara ini bisa terlaksana sebab pengukuhan merupakan momentum yang sangat penting bagi kita semua dalam pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di daerah, tentunya industri kerajinan daerah ini membawa dampak bagi seluruh aspek kehidupan kita," kata Ketua umum Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiah Khalilurrahman.

Menurutnya persaingan semakin ketat dan arus masuknya budaya asing, barang dan jasa semakin besar, disinilah tantangan bagi Indonesia agar mampu untuk tetap melestarikan, mempertahankan, mengembangkan warisan budaya bangsa dan juga mewujudkan kecintaan yang mendalam pada produk dalam negeri.

Dalam upaya memperkokoh jatidiri budaya bangsa menjawab tantangan Dekranasda sebagai lembaga independen dan nirlaba yang bermitra dengan pemerintah memegang peran dan fungsi yang strategis dalam memperkuat nilai budaya bangsa.

Raudhatul Wardiah menambahkan dalam menyikapi kelesuan dan rendahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia Dekranasda berperan penting untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan kemajuan pembangunan nasioanal, serta didasari semangat untuk menggali melestarikan dan mengembangkan warisan budaya nenek moyang dan leluhur kita.

"Dan pada gilirannya adalah untuk mengangkat kesejahteraan perajin Kabupaten Banjar, dan mampu mejembatani kepentingan masyarakat, mempecepat proses pembinaan serta pengembangan produk kerajinan sesuai dengan potensi budaya di kecamatan yang ada di Kab Banjar," tegasnya.

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan selamat kepada seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Banjar periode 2018 – 2021 yang baru dilantik,  peran Dekranasda Kab Banjar sangat penting.

Terutama dalam menggerakkan sektor ekonomi potensial berbasis masyarakat di Kabupaten Banjar, dan sekaligus merupakan salah satu langkah untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat kita di bidang kerajinan, kesenian dan kuliner khas Banjar.

"Saya berharap dapat merangkul seluruh masyarakat yang memiliki minat dan perhatian dibidang kerajinan sehingga bidang seni dan kerajinan ini dapat dikembangkan semaksimal mungkin sebagai salah satu upaya melestarikan budaya kita di Kabupaten Banjar ini, tetapi memberi dampak positif terhadap tumbuh-kembangnya ekonomi produktif dikalangan masyarakat kita," kata  KH Khalilurrahman.

Dia menambahkan selain bersaing di era sekarang, para pengrajin dan seluruh masyarakat mari kita bekerja sama untuk mengangkat citra produk kerajinan Kabupaten Banjar agar semakin diminati konsumen, juga sekaligus membuktikan bahwa kita memiliki potensi yang dapat kita kembangkan.

"Semoga kehadiran Dekranasda  Kabupaten Banjar dapat mendorong bagi pertumbuhan dan peningkatan ekonomi produktif  masyarakat kita di Kabupaten Banjar ini,  serta terwujudnya Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah,".

Tampak hadir pada pengukuhan pengurus dekranasda tersebut, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Selatan, Hj Rosdiawati, Kadis Perindag Prov Kalsel, Kepala SOPD Lingkup pemerintah Kabupaten Banjar, Direktur PDAM Intan Banjar, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Martapura, dan Pimpinan Bank BRI Martapura./f


Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018