Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Rustamadji memantau kondisi kelistrikan untuk persiapan menghadapi malam pergantian tahun baru 2018.

"Kami mendatangi pembangkit dan sejumlah posko siaga di kantor pelayanan PLN guna memonitor kondisi terkini kelistrikan wilayah Kalselteng," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.

Ia mengatakan, pemantauan dilakukan terhadap Sistem Kelistrikan Barito yakni sistem yang membawahi sejumlah pembangkit pada dua provinsi bertetangga tersebut.

Dijelaskan, kunjungan yang dilakukan selain untuk memastikan pasokan listrik aman dan handal, juga sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh petugas PLN yang bekerja di lapangan.

"Kami berharap mereka yang tetap semangat menjalankan tugas menjaga keandalan sistem kelistrikan menjelang maupun di malam pergantian tahun hingga seterusnya," pesan dia.

Disebutkan, salah satu pembangkit yang dikunjungi yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ir PM Noor atau waduk Riam Kanan yang terletak di Desa Aranio Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar.

Pucuk pimpinan PT PLN Kalselteng itu didampingi Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan Priyo Wurianto, Manajer Transmisi dan Distribusi M Joharifin serta Manajer SDM Umum Lucas Christwantara.

"Kami secara khusus datang ke PLTA untuk melihat operasionalnya karena pembangkit ini merupakan satu-satunya pembangkit tenaga air di Kalselteng yang sudah 44 tahun beroperasi," ucapnya.

Menurut dia, pembangkit yang memiliki daya mampu 3x30 Megawatt, meski pun sekarang sudah tidak mampu lagi beroperasi maksimal tetapi perannya vital membantu sistem kelistrikan Barito.

Ditekankan, PLTA Ir PM Noor patut menjadi kebanggaan warga Kalsel karena selain menjadi cikal bakal kelistrikan di Banua, kemampuan produksinya masih sangat optimal untuk menyuplai listrik.

"Meski pun usia pembangkit sudah mencapai 40 tahun tetapi operasionalnya tetap optimal dan kami berharap seluruh pihak menjaga kelestarian lingkungan di sekitar Waduk Riam Kanan," kata dia.

Selain memantau operasional PLTA Ir PM Noor, petinggi PLN juga melakukan inspeksi ke beberapa posko siaga tahun baru yang disiapkan pada masing-masing kantor pelayanan perusahaan listrik itu.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018