Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri syukuran hari jadi kecamatan yang digelar Pemerintah Kecamatan Daha Selatan, yang masih merupakan rangkaian perayaan hari jadi ke-67 Kabupaten HSS.

Camat Daha Selatan H. Ahmad Sapuan, di Nagara, Rabu (27/12), mengatakan, Syukuran ini merupakan arahan dari Bupati agar rangkaian Hari Jadi Kabupaten HSS,  juga bisa dinikmati masyarakat di kecamatan dan pedesaan.

"Kecamatan Daha Selatan dulunya terdiri dari 23 desa dan sampai sekarang menjadi 16 desa karena ada pemekaran kecamatan Daha Barat,"katanya.

Dijelaskan dia, Hari jadi Kecamatan Daha Selatan sendiri mengusung tagline, “Manis-manis semangka ngini, manis lagi daha selatan kami”.

Di acara syukuran hari jadi Kecamatan Daha Selatan ini disediakan berbagai macam kuliner diantaranya gaguduh banyalam, caca putih caca habang, hintalu karuang, waluh culas, dadar gulung.

Selain itu, juga ada  lempeng prada, singkong 88, bubur kacang, kulak pisang, kikicak, dan diperkirakan jumlah kue yang tersedia sampai 10 ribuan.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan, Kabupaten HSS itu miliknya semua kecamatan, untuk itu peringatan hari jadi tidak hanya dilaksanakan di kabupaten tetapi juga dilaksanakan di tiap-tiap kecamatan di Kab. HSS.

“Maknanya adalah hari jadi milik warga HSS  yang tidak sempat hadir kemarin di Kandangan, sekarang kita rayakan bersama-sama di Kecamatan Daha Selatan,"katanya, saat memberikan sambutan dalam kegiatan syukuran di Negara, Rabu (27/12).

Ia mengucapkan, terima kasih atas dukungan do’a restu sehingga pembangunan di Kecamatan Daha Selatan bisa berjalan dengan baik dan mengajak bersyukur atas pembangunan dan hasilnya.

Terkait harapan masyarakat sebagian besar sudah terpenuhi, namun juga tidak bisa dipungkiri masih ada yang belum terpenuhi karena terbatasnya waktu dan anggaran yang ada pada pemerintah.

Ia menjelaskan, kondisi air yang menggenang diwilayah daha, merupakan siklus lima tahunan dan pemerintah tentunya berusaha semaksimal mungkin untuk meringankan beban warga yang rumahnya terendam air.

“Bagi warga yang rumahnya terendam dan sudah diverifikasi petugas, akan diberikan bantuan sebesar Rp500 ribu tiap rumah, untuk digunakan membeli kayu membuat titian dalam rumah agar kaki tidak terserang penyakit kulit”katanya.

Diakhir acara, bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang rumahnya terendam air, begitupun Ketua GNOTA Kabupaten HSS Hj Isnaniah Fikry, memberikan bingkisan peralatan sekolah, bagi anak-anak asuh GNOTA di seluruh desa di Kecamatan Daha Selatan.

Bupati HSS meninjau Daha Selatan Expo, yang terdiri atas Stand-stand dari tiap desa se Kecamatan  Daha Selatan, tiap stand menampilkan kuliner khas maupun kerajinan tangan masing-masing desa.

Turut berhadir,  Ketua DPRD Kabupaten HSS Syamsuri Arsyad SAP,  Unsur Forkopimda HSS, para pejabat Pemkab HSS, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Ketua Gatriwara Kabupaten HSS Srie Astuti Syamsuri Asyad, pimpinan BUMN dan BUMD, para kepala desa, anggota BPD, tokoh masyarakat dan perangkat desa se Kecamatan Daha Selatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017