Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Banjarbaru, Kalimantan Selatan dibantu anggota gegana Brigade Mobil melakukan sterilisasi gereja dan tempat yang dijadikan umat nasrani menjalankan ibadah menjelang natal.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Banjarbaru Kompol Mujiono di Kota Banjarbaru, Ahad, mengatakan, sterilisasi dibantu personel gegana Brimobda Kalsel yang turun ke gereja-gereja.

"Sterilisasi dibantu personel gegana Brimob karena memiliki peralatan yang lengkap untuk mendeteksi benda atau barang berbahaya yang mungkin saja ada di sekitar lokasi," ujar dia.

Ia mengatakan, penyisiran dilakukan personel kepolisian dibantu personel gegana Brimob terhadap 8 gereja dan satu tempat umum yakni GOR Rudy Resnawan di Jalan Trikora.

Dijelaskan, personel Brimob yang diturunkan menggunakan peralatan pendeteksi benda-benda berbahaya di sekitar tempat ibadah menyisir hampir seluruh area sekitarnya.

"Personel menyisir sebelum kegiatan ibadah malam natal dimulai pukul 17.00 Wita dan hingga sekarang situasi tetap kondusif," ucapnya yang dihubungi pukul 20.40 Wita.

Menurut dia, sterilisasi dilakukan personel kepolisian yang dibantu Gegana Brimob merupakan kegiatan rutin setiap menjelang maupun bertepatan perayaan natal di gereja-gereja.

"Pengamanan gereja maupun tempat-tempat ibadah umat nasrani lain, rutin dilakukan kepolisian sebagai salah satu upaya memberikan rasa nyaman dan aman bagi jemaat," ungkapnya.

Dikatakan, jumlah personel Polres Banjarbaru yang melaksanakan giat pengamanan sebanyak 80 orang dan penempatannya tersebar pada gereja-gereja di kota itu.

"Personel ditempatkan di gereja dan tempat ibadah lainnya. Mereka berjaga sebelum pelaksanaan ibadah maupun setelahnya termasuk pengamanan natal, Senin besok," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat agama lain menghormati umat nasrani yang tengah menjalankan ibadahnya sehingga tercipta suasana aman dan kondusif.

"Kita semua harus saling hormat-menghormati terhadap pemeluk agama lain yang menjalankan peribadatan agar tercipta kerukunan dan suasana aman serta kondusif," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017