Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD-PAL) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan memproduksi air bersih mulai 2018.

Menurut Direktur PD-PAL Kota Banjarmasin Rahmatullah saat di Balaikota Banjarmasin, Jumat, pihaknya sudah membangun intek pengolahan air limbah menjadi air bersih itu.

"Intek pengolahan air baku PD-PAL ini bisa memproduksi sekitar 5 liter air bersih perdetiknya," ujarnya.

Diungkapkan dia, tujuan dilakukannya ini untuk pemanfaatan air limbah yang biasa dibuang percuma ke sungai Martapura untuk digunakan masyarakat.

"Sehingga kita buat terobosan baru ini, harapannya bisa mencukupi kebutuhan air bersih di wilayah PD-PAL, bisa untuk hotel maupun perkapalan," ucap Rahmatullah.

Menurut dia, pembangunan minitretmen air bersih 5 liter perdetik ini bukan untuk menyaingi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih, tetapi apa yang dilakukan ini semata-mata sebagai inovasi.

` "Alhamdulilah terobosan ini sudah mendapatkan persetujuan pak Wali kota, namun sebelumnya diminta untuk dilakukan penelitian," paparnya.

Dia memastikan, kualitas air produksi PD-PAL berstandar atau sesuai baku mutu air bersih yang telah ditentukan kesehatannya.

"Setidaknya bisa digunakan untuk mandi, cuci dan kakus, bahkan bisa diminum lo," ucap dia.

Sejauh ini, kata dia, air limbah yang dikelola PD-PAL juga sebagiannya digunakan untuk penyiraman tanaman-tamanan milik pemerintah, sebagian besarnya dibuang ke sungai Martapura dengan standar tidak mengandung pencemaran lagi. 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017