Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan beringinan meningkatkan prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020.

Ketua Bidang Pembinaan Prestase KONI Kalimantan Selatan Gusti Perdana Kusuma mengemukakan keinginan itu ketika pembukaan turnamen futsal antardesk wartawan pada provinsi tersebut di Banjarmasin, Sabtu.

Namun, dia tidak menyebutkan target Kalsel secara rinci pada PON XX tersebut, kecuali berharap, prestasi atlet asal Bumi Perjuangan Pangeran Antasari yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu meningkat.

Sebagai salah satu upaya peningkatan prestasi pada PON XX di Bumi Cendrawasih, KONI Kalsel kini sedang melatih 98 orang atlet, ujar mantan anggota DPRD provinsi tersebut.

Selain itu, memberikan insentif kepada atlet terbagi tiga tingkatan, yaitu pratama, madya dan utama per orang per bulan Rp2,5 juta, Rp5 juta dan Rp6 juta, lanjut Dana (panggilan lain Gt Perdana) yang kini Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kalsel.

Mewakili Ketua KONI Kalsel yang berhalangan hadir pada pembukaan turnamen futsal antardesk (wilayah/bidang laputan) wartawan itu, dia selain mengapresiasi turnamen futsal tersebut, juga kegiatan keolahragaan lain dari PWI provinsi setempat.

"Kita berharap atlet-atlet dari PWI Kalsel bisa ikut berlaga pada PON mendatang dan meraih medali. Syukur-syukur mendapatkan medali emas dalam cabang olahraga tertentu," demikian Dana.

Sementara Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie dalam sambutannya mengatakan, turnamen futsal merupakan salah satu upaya penjaringan atlet dari wartawan daerah ini untuk menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Papua 2019.

Selain itu, untuk meningkatkan hubungan/silaturahmi antarsesama wartawan yang berbeda bidang tugas peliputan, lanjut mantan Sekretaris PWI Kalsel dua periode tersebut.

Turnamen futsal diikuti 15 tim, termasuk dari kabupaten/kota di Kalsel, berlangsung di Sasana Surya Futsal, Jalan Kapten Pere Tendean Banjarmasin, 16-17 Desember 2017, dan final/semi final 23 Desember mendatang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017