Barabai, (Antaranews Kalsel) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) gelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka pengawasan berbasis forum warga pada Pemilu 2019 mendatang.

Bertempat di Shaza Guest House barabai, Rabu (13/12) FGD dihadiri berbagai unsur masyarakat seperti Mahasiswa, LSM, tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan penyampaian materi dari akademisi Ani Cahyadi dan Azhar Ridhanie tentang pengawasan forum masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

Ketua Panwaslu HST Muhammad Subhan menyampaikan FGD ini merupakan program Bawaslu RI sampai ke tingkat Kabupaten untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu.

"Pada forum ini kita menggali sedalam-dalamnya bagaimana pengawasan yang bagus untuk Daerah kita HST dan memberikan gambaran bahwa Panwas tidak lagi sekedar formalitas semata terkait masih banyaknya Pelanggaran-pelanggaran waktu Pemilu," katanya.

Menurutnya selama ini kelompok-kelompok masyarakat hanya dijadikan objek oleh para Calon untuk meraup suara, jadi dengan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan setidaknya mampu melakukan pencegahan secara dini bentuk-bentuk pelanggaran Pemilu.

"Kami berharap adanya masukan dari masyarakat yang menjadi feedback bagi kami agar pengawasan lebih profesional dan memenuhi harapan-harapan masyarakat," katanya.

Dijelaskannya partisipasi masyarakat sangat penting terutama keterbukaan informasi dalam pengawasan agar mereka merasa ikut andil dan bertanggungjawab dalam mensukseskan Pemilu Pemilu 2019.

"Kami juga akan mensosialisasikan Pengawasan pemilu ini kepada pemilih pemula, para guru dan lapisan masyarakat mulai dari koordinasi tingkat lembaga penyelenggara, Muspida dan Pemerintahan," katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017