Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan aksi penanaman pohom dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2017.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS H MK Saputra, di Kandangan, Kamis  mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan sekaligus sebagai bentuk untuk melakukan penghijauan kota Kandangan dan HSS .

"Jenis tanaman yang ditanam seperti mahoni, trembesi, ketapang, langsat, pohon sapu tangan dan berbagai jenis tanaman peneduh lainnya,"katanya.

Dijelaskan dia, penanaman ini juga langsung dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry, didampingi Sekretaris Daerah HSS H.M.Ideham, dengan penanaman di beberapa tempat seperti di Taman Palidangan Sehati ditanam dua pohon langsat lanbaw.

Selanjutnya, di sekitar Gedung Olahraga dan Seni (GOS) ditanam 15 mahoni, 15 batang vinisium dan 20 pohon peneduh jenis trembesi.

Penanaman juga digelar di lokasi RSUD Hasan Basri Kandangan, dengan jenis Pohon Ketapang Kencana dua batang,  satu batang Pohon Sapu Tangan, satu batang Crepe Myrtle serta 20 batang tanaman peneduh, dan lainya.

"Aksi Penanaman Pohon juga dilaksanakan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab HSS,"katanya, saat ditemui disela aksi penanaman pohon, Kandangan, Kamis (7/12) pagi.

Bupati HSS meninjau langsung penanaman di beberapa SKPD, antara lain Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata HSS , Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah HSS, Dinas Perhubungan HSS, dan Dinas Komunikasi dan Informatika HSS.

Terakhir, aksi penanaman pohon dilakukan di Kawasan Bendungan, Desa Malutu, Kecamatan Padang Batung.

Menurut dia, aksi ini selaras dengan gerakan penghijauan yang telah dicanangkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yaitu "Revolusi Hijau".

"Revolusi Hijau, merupakan gerakan untuk menghijaukan Kalimantan Selatan (Kalsel), yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, untuk memberikan warisan kepada anak cucu kita lingkungan yang hijau, bersih, dan sehat,"katanya.

Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) M Saberansyah, mengatakan, jumlah pohon yang ditanam ada sebanyak 750 batang untuk wilayah HSS.

"Kegiatan penanaman pohon di HSS dipusatkan di sekitaran Bendungan Sungai Amandit, kegiatan ini serentak se Kalsel, sementara untuk tingkat Kalsel, kegiatan dipusatkan di Gunung Mawar Desa Kiram, Kabupaten Banjar," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017