Barabai, (Antaranews Kalsel) - Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), pada Selasa, sekitar pukul  04:00 Wita hingga siang pukul  08:00 Wita,  membuat sungai Batu Benawa meluap.

Menurut salah satu warga Desa Batu Benawa Ramli menyampaikan sampai tengah hari tadi beberapa Desa di pinggiran sungai di Kecamatan Batu Benawa dan Hatakan sempat terendam.

"Namun beruntung saat sore ini air tidak sampai meluap ke kota Barabai, hanya lintasannya saja dan mudah-mudahan hujan tidak turun lagi," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD HST Ali Fahmi juga menyampaikan pihaknya bersama tim gabungan terus memonitor debit air.

"Kami senantiasa siap siaga berkoordinasi dan komunikasi bersama-sama dengan tim-tim yang  berada di Kecamatan maupun di Kabupaten,"

Jika sewaktu-waktu terjadi banjir menurutnya tim sudah siap baik itu menginfokan ke masyarakat maupun penanggulannya.

"Alhamdulillah untuk sementara air tidak meluap ke Kota Barabai hanya ada berapa Desa di pinggiran sungai Batu Benawa yang sempat banjir namun juga tidak lama," katanya.

Dia menghimbau agar masyarakat juga senantiasa siap siaga jika nanti hujan turun lagi dan senantiasa saling berkoordinasi agar jika terjadi suata masalah atau bencana dapat tertangani dengan cepat.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017