Batulicin,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Mardani H. Maming menerima penghargaan "Dwija Praja Nugraha" dari Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah di Batulicin, Senin mengatakan, penghargaan tersebut diberikan karena kebijakan bupati dinilai memiliki perhatian dan komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas dan kesejahteraan guru, dan PGRI.

"Pendidikan menjadi perhatian khusus oleh pemerintah daerah, dalam pembangunan sumberdaya manusia di "Bumi Bersujud" yang diharapkan berdampak pada meningkatnya pembangunan daerah dimasa kini dan akan datang," katanya.

Ia mengatakan, untuk mensuseskan pendidikan dan pengembangan profesi guru maka diperlukan perhatian yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak, melihat komitmen dalam pembangunan pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu, maka PB PGRI memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Bumbu yang mempunyai komitmen tinggi pada peningkatan mutu pendidikan.

Dijelaskan, kesungguhan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan dan profesionalisme guru direalisasikan melalui pengalokasian anggaran pendidikan seperti program pendidikan gratis, meningkatkan kesejahteraan guru, serta program 1.000 guru Berprestas dengan memberangkatkannya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di Tanggerang.

Dari program 1.000 guru, setiap tahun pemerintah daerah memberangkatkan 200 guru berprestasi yang sebelumnya telah melewati seleksi oleh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam tahap seleksi tersebut, pemilihan tidak hanya melihat dari tingkat prestasi dari sang guru saja, namun juga dilihat dari tingkat kedisplinan dan ahlaknya.

Melalui program 1000 guru berprestasi ini, pemerintah mengharapkan agar para guru yang diberangkatkan diklat tersebut dapat membagikan ilmunya dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di sekolah dimana tempat mereka mengajar.

"Pemerintah daerah ingin mencetak 1000 Guru berprestasi dalam lima tahun Kedepan sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, cerdas, berkarakter, dan berakhlak," jelasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017