Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Pemerintah Kecamatan Daha Selatan menggelar Daha Pacu Jukung Sudur tahun 2017 yang merupakan rangkaian acara  Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS.  

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Nagara, Minggu (3/12) mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan dan menghidupkan budaya lokal yang sempat tenggelam puluhan tahun silam.

Pemerintah Kabupaten, berencana  kembali menghidupkan lomba tersebut, sebagai lomba tahunan, untuk mendorong berkembangnya  pariwisata daerah.  

"Setiap kecamatan di Kabupaten HSS memiliki potensi tersendiri, seperti Loksado yang memiliki event wisata bamboo rafting, maka di Daha juga bisa dikembangkan pacu jukung sudur dengan sesuai dengan tradisi yang ada, sehingga dapat mengangkat pariwisata daerah,"katanya.  

Ketua Panitia Pelaksana, Noor Ifansyah, mengatakan, event ini diikuti 40 tim dari desa-desa yang ada di tiga kecamatan di Daha, baik di Daha Selatan, Utara, dan Barat.

Lomba tersebut memperebutkan tropy dan uang pembinaan dari Bupati HSS, didukung sponsor utama Bank Kalsel Cabang Kandangan. Untuk total hadiah uang pembinaan sebesar Rp12,5 juta bagi enam juara.

Masing-masing pemenang , yaitu  juara satu mendapatkan Rp5 Juta, juara dua Rp3 juta, juara tiga Rp2 juta, juara empat Rp1,5 Juta, juara lima Rp750 ribu dan juara enam Rp500 ribu.  

Jukung yang digunakan untuk lomba, telah disediakan panitia pelaksana dengan ukuran panjang yang sama 6,5 meter, dan masing-masing tim terdiri dari empat orang, membawa alat dayung sendiri.  

"Event ini disambut antusias warga Daha dan akan menjadi event tahunan,  menghidupkan tradisi lama karena setelah dua puluh tahun bisa kembali dilaksanakan dan diprakarsai atas ide Bupati HSS, H Achmad Fikry,"katanya, disela kegiatan lomba di Pelabuhan Besar Nagara, Nagara, Minggu (3/12) pagi.  

Kegiatan ini dibuka Bupati HSS  dan ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Camat Daha Selatan Achmad Sapuan  sekitar pukul 08.00 wita, dan lomba yang berlangsung satu hari ini diperkirakan akan berakhir sore pukul 16.30 Wita.  

Top Admin Komunitas Bubuhan Nagara Daha Hulu Sungai Selatan (BNDHSS), mengucapkan terimakasih kepada Pemkab HSS, khususnya Bupati HSS yang mencanangkan terselenggaranya acara Daha Jukung Sudur menjadi event tahunan di Naraga.  

Begitupun ucapan yang sama, disampaikan kepada  Esthi Praba selaku Event Organizer (EO) Lomba, dan juga para camat se Daha, yang telah mendukung penuh lomba, serta kepada Bank Kalsel selaku sponsor utama. 

Kemeriahan acara ini berlanjut dengan pemberian  doorprize Bank Kalsel oleh Bupati HSS berupa televisi dan sepeda gurung dari Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, bagi peserta yang telah menjawab benar pertanyaan seputar Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS.  

Turut berhadir, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo HSS) Hendro Martono dan para pimpinan SKPD terkait, Pimpinan Cabang Bank Kalsel Kandangan Andhy Andriyawan, Camat Daha Utara Lothvie Rahmanie, Camat Daha Barat Kusairi, para peserta dan warga setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017