Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kegiatan puncak Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS yang dipusatkan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Sabtu (2/12), mengatakan, selama mengemban amanah sebagai bupati bersama Wakil Bupati HSS H Ardiansyah berharap hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat HSS.

"Tujuan pembangunan yang dilaksanakan tak lepas dari upaya untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang sejahtera untuk dunia dan akhirat dan terima kasih atas dukungan dan nasehat para ulama  di HSS dalam mengambil kebijakan,"katanya.

Menurut dia, ke depannya selain terus menjalin hubungan yang harmonis dengan para ulama,  juga diperkuat dengan hubungan bersama aghniya yaitu golongan yang berkecukupan atau kaya untuk sama-sama membangun daerah.

Hubungan tiga pilar, yakni para umara atau pemimpin, para ulama dan para aghniya diharapkan nantinya akan membuat kebangkitan yang signifikan di Kabupaten HSS sehingga mampu sejajar dengan kabupaten yang telah maju lainnya di tanah air.

Ia menjelaskan, dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS telah dilaksanakan beragam kegiatan termasuk lomba permainanan tradisional Balogo yang makin populer di HSS, turnamen Sepakbola Gala Desa.

"Kita juga telah melaksanakan HSS Expo 2017 sebelum puncak peringatan Hari Jadi, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Lailatul Qiraah dan syukuran dalam bentuk kebersamaan dengan mengundang rakyat HSS makan Nasi Kabuli,"katanya.

Selain itu, telah dilaksanakan penanaman 67 pohon di sekitaran Tugu Ketupat Halamau yang maknanya sejalan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten, dalam rangka Revolusi Hijau yang telah dicanangkan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor.

H Sahbirin Noor, mengatakan, peringatan hari jadi dapat bermakna sabgai titik tolak untuk melanjutkan pembangunan di HSS, dan mensyukuri hasil-hasil pembangunan yang telah diraih dan menjawab dinamika sosial yang terus berkembang.

"Mudah-mudahan peringatan ini makin memperkokoh semangat kita semua untuk membangunan Kabupaten HSS lebih maju dan sejahtera dan diridhai Allah SWT,"katanya, saat memberikan sambutan Puncak Hari Jadi ke-67 Kabupaten HSS, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Sabtu (2/12).

Ia menjelaskan, bagi dirinya Kota Kandangan memiliki kesan tersendiri dan ke depannya dapat makin mendunia apalagi raihan prestasi baik yang diraih para pemimpin dan warganya, kemajuan ini hendaknya tetap menjadikan HSS maju, beradab dengan menjunjung nilai luhur budaya dan keagamaan.

Jajaran Pemkab HSS diingatkan untuk memelihara keharmonisan yang selama ini terjalin, pembangunan makin merata, dikawal dan dimanfaatkan serta bagi masyarakat bisa mengkritisi kebijakan, agar mereka juga merasa ikut memiliki hasil pembangunan.

Ditambahkan dia, untuk slogan "Bergerak" oleh Pemerintah Provisi (Pemprov) Kalsel, pihak dia tidak berkeberatan digunakan Pemkab HSS, karena slogan "Bergerak" ini artinya "Berjuang Gelorakan Rakyat" telah selaras dengan apa yang selama ini telah dilakukan Pemkab HSS.

Puncak Peringatan Hari Jadi ini juga dirangkai dengan penyerahan bonus atlet berprestasi, Qoriah berprestasi, penyerahan bantuan paket sembako, pemotongan tumpeng oleh Bupati HSS yang kemudian diserahkan ke Gubernur Kalsel, dan oleh gubernur, potongan tumpeng diserahkan ke ulama yang hadir.

Turut berhadir, jajaran Pemrov dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalsel, Wakil Bupati HSS H Ardiansyah, Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, dan Forkopimda HSS, para pimpinan daerah Kabupaten dan Kota se Kalsel, keluarga mantan Bupati HSS sebelumnya, para ulama, pimpinan SKPD dan ASN di lingkungan Pemkab HSS, tokoh masyarakat dan warga HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017