Amuntai, (Antaranews.Kalsel)  - Kabupaten Hulu Sungai Utara berada di urutan ketiga terbanyak masyarakatnya mengonsumsi ikan se Kalimantan Selatan dengan jumlah konsumsi ikan mencapai  50 kilogram per kapita pertahun.


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Muhammad Suriani di Amuntai, Senin mengatakan, Gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) terus digalakan disamping upaya meningkatkan produksi ikan dan memberantas ilegal fishing.

"Salah satu Kelompok Usaha Bersama Perikanan Tangkap di HSU bahkan menjadi juara satu KUB tingkat Kalimantan Selatan, yakni atas nama KUB Asa Tamara Desa Pajukungan Hilir Kecamatan Babirik," ujar Suriani.

Suriani mengatakan, seiring Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke 4 tahun 2017 pihaknya bertekad meningkatkan produksi dan konsumsi ikan dikalangan masyarakat Kabupaten HSU mengingat besarnya manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

Selain itu, katanya, peningkatan produksi perikanan akan meningkatkan pula kesejahteraan para petani nelayan mengingat sektor perikanan sangat tepat dikembangkan di Wilayah Kabupaten HSU karena hampir 90 persen wilayahnya terdiri atas perairan rawa.

Bupati HSU berharap produksi bisa terus dikembangkan termasuk di kec banjang dimana Balai benih ikan berada. Bupati menghimbau para orang tua membudayakan makan ikan ditengah keluarga khusus bagi anak2 karena bisa meningkatkan kesehatan dan kecerdasan.

Bupati juga minta Dinas Perikanan khususnya dapat memasyarakatkan slogan MANTAP yang menjadi visi Bupati dan wakil bupati HSU dalam membangun banua kedepan, tujuannya agar jajaran perikanan, petani nelayan termotivasi dalam meningkatkan kegiatan perikanan sehingga lebih maju, mandiri,  produktif, sejahtera dan agamis sesuai dengan singkatan dari kata MANTAP.

Seiring Peringatan Harkanas ke 4 di Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Banjang diserahkan secara simbolis hibah sarana dan prasarana perikanan kepada sejumlah elompok tani nelayan, penyerahan bantuan sarana pengawasan perairan untuk pencegahan ilegal fishing, penyerahan hadiah lomba kinerja kelompok khususnya kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Tangkap 'asa tamara' Desa Pajukungan Hilir Kecamatan Babirik yang mendapat uang pembinaan dari Pemprop Kalsel sebesar Rp35 juta. 

Sosialisasi Gemarikan juga dilaksanakan kepada para pelajar SDN Desa Palanjungan Sari Kecamatan Banjang dengan mengajak mereka makan bersama bakso yang terbuat dari daging ikan.

Bupati dan rombongan meninjau pameran produk olahan perikanan berupa aneka pangan berbahan ikan yang bisa dijadikan menu hidangan keluarga dalam rangka memasyarakatkan gemar makan ikan.

Bupati meminta kepada Dinas Perikanan agar memasyarakatkan produk pangan olahan ini sehingga lebih banyak masyarakat bisa mencontoh cara mengolah produk pangan ikan dan dijadikan usaha masyarakat.





Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017