Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Bentuk komitmen Pemkab Kotabaru terhadap keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) melalui pecanangan Kampung KB di seluruh kecamatan, tak terkecuali di Kecamatan Pulau Laut Selatan dan Pulau Laut Kepulauan.
     
Dua desa yang kini masuk dalam daftar sebagai Kampung KB yakni Desa Tanjung Lalak Utara Kecamatan Lulau Laut Kepulauan dan Desa Teluk Sirih Kecamatan Pulau Laut Selatan.
     
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam sambutannya pada pencanangan Kampung KB tersebut mengatakan, Desa Tanjung Lalak Utara ini merupakan salah satu upaya menggalakkan revolusi mental berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa dengan identitas lokal.
     
Kampung KB ini merupakan gagasan Presiden RI yang dimaknai sebagai pembangunan nasional yang berawal dari desa, kelurahan, kampung atau juga pinggiran.
     
Kampung KB juga dirancangkan sebagai upaya untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dalam mengaktualisasikan fungsi keluarga.
     
Selain itu, program Kampung KB juga dijadikan sebagai upaya revitalisasi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
     
Program KB bukan hanya program pengendalian pertumbuhan penduduk, tetapi juga program pengaturan kelahiran dan pengasuhan anak secara sehat.
     
"Jadi perlu saya ingatkan, sasaran utama kita adalah mampu memastikan tidak terjadi lagi kasus kematian ibu melahirkan dan kematian anak ketika dilahirkan atau pada usia balita," katanya.
     
Ini menurutnya, adalah misi kemanusiaan yang mulia, misi yang wajib kita jalankan dengan sebaik-baiknya.
     
Pada pencanangan Kampung KB di Desa Teluk Sirih, bupati juga menyampaikan dukungan yang kuat terhadap pelaksanaan program Kampung KB.
     
"Saya sangat mendukung program KB Nasional yang menyasar pada kebijakan peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, pengurangan angka kematian dalam kelahiran, dan mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis," katanya.
     
Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui dinas terkait telah mengerahkan upaya terbaik yang diimplementasikan dalam program dan kegiatan untuk mendukung suksesnya program KB di Kotabaru.
     
Salah satu wujud implementasinya dapat dilihat pada kegiatan pencanangan Kampung KB di Desa Teluk Sirih Kecamatan Pulau Laut Selatan ini.
     
Inti dari Kampung KB adalah mengoptimalkan partisipasi masyarakat agar lebih banyak dalam pengelolaan dan pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di wilayah masing–masing.
     
"Dengan begitu seluruh program itu dapat dilaksanakan secara holistik, integratif dan maksimal," ungkapnya.
     
Di sisi lain adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dapat tercapai.
     
Satu hal yang tidak kalah penting dari pencanangan Kampung KB ini adalah kemampuan bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan dan program di sektor lainnya secara sistemik dan sistematis.
     
Melalui pencanangan ini masyarakat harus kita berdayakan dalam pembentukan Kampung KB dengan cara bersama-sama bergotong royong untuk mensukseskan Kampung KB ini.
     
Mari semuanya bergerak dalam rangka menciptakan generasi penerus yang lebih cerdas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
     
"Karena itu saya mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Kotabaru, kepala SKPD, camat dan lurah serta segenap mitra kerja pembangunan untuk ikut menyukseskan program Kampung KB ini," katanya.
     
Bupati juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kinerja, memberikan pelayanan program KB yang lebih baik kepada masyarakat.
    
Mari kita menjadikan Kabupaten Kotabaru sebagai kabupaten yang nyaman bagi keluarga dan rumah masa depan bagi segenap masyarakatnya.

Pewarta: Shohib

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017