Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas tenaga kerja, koperasi usaha kecil dan perindustrian (Disnakerkop UKP) HSS menggelar pelatihan kewirausahaan berupa pembuatan kuliner lokal Samu Asap.


Kepala dinas disnakerkop UKP HSS Sasmi Rifani melalui Kabid Industri Syamsudin, di Kandangan, Selasa (21/11), mengatakan, kegiatan pelatihan pembuatan samu asap diharapkan bisa menumbuhkan keterampilan berwirausaha bagi anggota organisasi kewanitaan di HSS.

"Untuk pelatihan Samu Asap dilakukan selama dua hari dari tanggal 21 hingga 22 Nopember 2017, peserta ada 20 orang dari organisasi seperti Dharma Wanita, PKK, GOA dan Iwapi,"katanya.

Dijelaskan dia, setelah latihan selesai, pihak dia berharap peserta bisa menularkan ilmunya kepada rekan-rekannya di dalam satu organisasinya masing-masing.

Sebelumnya, juga sudah menggelar pelatihan untuk pembuatan kue kering, yang sudah dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 17 Nopember 2017, dan pembuatan kering basah dari tanggal 18 sampai 20 Nopember 2017.

Untuk total semua peserta yang mengikuti pelatihan ada 60 orang, pelatihan dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga 13.30 Wita.

"Kegiatan pelatihan ini akan diupayakan bisa berkelanjutan dan untuk mengembangkan potensi yang ada di HSS," katanya, saat ditemui di sela kegiatan pelatihan yang bertempat di Aula Disnakerkop dan UKP HSS, Selasa (21/11) pagi.

Peserta kegiatan Ridawati, mengatakan, sangat antusias mengikuti pelatihan, karena mengingat pelatihnya langsung didatangkan dari kota Banjarmasin.

Menurut dia, kesempatan mengikut pelatihan ini akan dimaksimalkan, untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat olahan makanan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017