Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Bambang Alamsyah mengharapkan, pelaksaan pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di 52 desa di Kabupaten Tanah Laut berjalan lancar.      
     
"Pelaksanaan  Pilkades Serentak di 52 desa di 11 kecamatan digelar tanggal 15 November 2017," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Selasa (14/11).
     
Menurut dia,  Pilkades Serentak tersebut  mempunyai peran yang sangat signifikan bagi pembangunan dan kemajuan desa di kabupaten setempat.
     
Untuk itu, dia meminta, masyarakat yang melaksanakan Pilkades Serentak bersama-sama aparat keamanan menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing.
      
Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanah Laut M Hanil mengatakan,  52 desa melaksanakan Pilkades Serentak tersebut adalah, di Kecamatan Panyipatan hanya satu desa, sedangkan kecamatan yang paling banyak melaksanakan Pilkades adalah,  Kecamatan Batu Ampar sebanyak  10 desa.
   
Dijelaskannya, bagi kepala desa masa jabatannya sampai bulan Desember tetap dimasukan dalam Pilkades tahun 2017.
      
Sedangkan kades yang sudah habis masa jabatannya, jelas dia,  dijabat pelaksana tugas  dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di desa tersebut.
     
"Tidak mungkin dalam satu desa tidak ada ASN, dan ASN itu sendiri dipastikan mengetahui kondisi pemerintahan desa," demikian tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017