Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) H Andi Amran Sulaiman,  rela berbasah-basahan dalam kegiatan syukuran panen padi di lahan lebak, Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono, di Kandangan, Rabu (15/11), mengatakan, menteri juga secara spontan menginstruksikan, agar melakukan gerakan brigade pertanian, dan 14 eksavator agar diturunkan untuk menggarap lahan ini.

"Didampingi Bupati HSS H Achmad Fikry, menteri panen perdana di lahan rawa berair, dan rela berbasah-bahsan dengan bercebur di lokasi panen, menurut beliau tidak mengapa berbasah-basah demi untuk kesejahteraan petani,"katanya.

H Achmad Fikry, mengatakan, selamat datang kepada untuk menteri, dengan harapan kedatangan menteri membawa berkah untuk kesejahteraan masyarakat petani di HSS.

Ia melaporkan, program Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi Jagung Kedele (Upsus Panjale) di HSS berjalan dengan baik dan lancar, dan lahan yang dialiri irigasi di HSS sudah bisa panen tiga  kali setahun.

"Namun saat ini untuk Penyuluh Pertanian tiap tahun berkurang, karena ada pegawai pensiun,"katanya, saat memberikan sambutan syukuran padi Lahan Lebak,  di Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Selatan, Rabu (15/11) pagi.

Mentan RI Amran, mengatakan, merasa bangga bisa berada di lahan sawah lebak ini, karena seolah-olah seperti pulang kampung sendiri.

Dijelaskan dia, pihak Kementerian Pertanian akan memberikan bantuan bagi petani di Desa Banua Hanyar, berupa traktor dua roda dan empat roda, excavator, serta benih bagi petani.

"Bantuan ini akan dikirim dalam waktu dekat. Diusahakan 1 atau 2 minggu sudah sampai ke sini,"katanya.

Menurut dia, total bantuan yang diberikan lebih dari Rp6 milyar, diharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bekerjasama dengan pihak terkait, untuk membuka dan mengolah lahan.

Dalam kesempatan ini, menteri menyerahkan 3000 kilogram bibit padi varitas baru, untuk Kelompok Tani (Poktan) Suka Maju, Desa Banua Hanyar.

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan H Fathurrahman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, dan beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemkab HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017