Tim kesenian asal Tabalong, Kalimantan Selatan, akan tampil di Taman Budaya Samarinda, Kalimantan Timur, pada 16-18 Maret 2012, dalam rangka orientasi dan pengembangan kesenian tradisional.


Kabid Pariwisata, Dinas Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan dan Pariwisata Tabalong Lilis Martadiana mengatakan, kesenian tradisional yang akan disuguhkan di antaranya Tari Radap Rahayu, Tari Japin Kreasi, dan mamanda hingga basyair.

"Penampilan seniman Tabalong di Taman budaya Samarinda sudah kita programkan sejak lama dalam rangka orientasi sekaligus mengembangkan kesenian tradisional Tabalong," jelas Lilis, Rabu di Tanjung, ibukota Tabalong.

Dalam pagelaran seni di Taman Budaya Samarinda, seniman Tabalong juga menampilkan seniman bercerita Bahasa Banjar, serta musikalisasi puisi serta lagu-lagu Banjar. Penampilan 40 seniman Tabalong, ujar Lilis, sebagai ajang pemantapan untuk bisa tampil di anjungan rumah Banjar Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta.

"Sebenarnya ada tawaran dari Dinas Pariwisata Kalsel untuk tampil di anjungan rumah Banjar Taman Mini Indonesia Indah, tapi kami pilih ke Samarinda dulu," jelas Lilis lagi.

Untuk kegiatan seni ini, Dinsosbudpar Tabalong mengalokasikan dana dari APBD 2012 sekitar Rp47 juta.

Sementara itu, agenda kegiatan seni di Tabalong pada 2012 diantaranya lomba baca puisi se-Kalsel pada Mei, pagelaran sastra (Juni) dan pentas seni tiap dua bulan. Saat ini di Tabalong terdapat 12 sanggar seni yang menjadi binaan Dinsosbudpar setempat./mia/ D 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012