Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, dalam upaya menciptakan kota metropolitan akan terus memperkuat sektor perdagangan.


Karena sektor ini terbukti menjadi pemicu terbesar perekonomian wilayah ini, di samping sektor transportasi dan sektor industri pengolahan, kata Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Ir Fajar Desira di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut mantan Kepala Dinas Bina Marga Banjarmasin itu untuk memperkuat sektor perdagangan selain membenahi pasar-pasar konvensional juga akan mengembangkan pasar modern dan mal.

Tetapi yang waktu segera akan dibenahi kawasan strategis yaitu sebuah kompleks perdagangan dan jasa, seperti Pasar Antasari, Pasar Ujung Murung, Pasar Baru, serta Pasar Lama.

Program yang akan dikembangkan segera pula,katanya saat dihubungi ANTARA, adalah pembangunan dan pengembangan pasar induk sebagai gudang di Lingkar Selatan.

Selain itu pengembangan pasar grosir skala regional, yaitu di kawasan pusat perkotaan, yang diharapkan menjadi pasar grosir untuk warga Kalsel sendiri juga untuk warga Kalimantan Tengah dan sebagian Kalimantan Timur.

Yang tidak kalah penting dalam pengembangan sektor perdagangan ini adalah pengembangan sektor transportasi darat, transportasi air menuju pasar-pasar induk.

Kemudian sarana pendukung adalah bagaimana Pemkot bisa menata parkir,karena sistem perparkiran sekarang ini dinilai masih belum mendukung pengembangan sektor perdagangan seperti yang dikehendaki tersebut, tuturnya.

"Kita berharap keinginan Pemkot menata sektor perdagangan ini memperoleh dukungan semua pihak, sehingga apa yang diinginkan bisa segera terealisasikan," demikian Fajar Desira./D/ C                               

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012