Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Rudy Resnawan membuka Kejuaraan Bulu Tangkis Djarum Sirkuit Nasional Kalimantan Open yang digelar di Banjarbaru, Minggu malam.


"Kalsel khususnya Banjarbaru bangga karena dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional yang diikuti ratusan peserta dan puluhan klub maupun perkumpulan," ujar wagub dalam sambutannya.   
 
Pembukaan kejuaraan dilakukan secara seremonial di Gedung Bina Satria Banjarbaru dihadiri Wakil Ketua I PB PBSI Sabar Yodo dan Wakil Ketua II I Gusti Made Oka bersama Pengprov PBSI Kalsel dan undangan lain.

Kegiatan itu juga dihadiri sekitar 200 pebulu tangkis dari total 985 pemain yang akan bertanding dalam kejuaraan yang berlangsung sejak 20-25 Februari 2012 di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru.

Menurut wagub, kepercayaan PB PBSI yang menunjuk Kalsel sebagai tuan rumah sirkuit nasional dari sepuluh sirkuit yang dilaksanakan sepanjang 2012 harus didukung seluruh pihak.

"Dukungan seluruh pihak baik Pemkot Banjarbaru sangat diperlukan untuk mensukseskan event nasional ini, termasuk dukungan seluruh lapisan masyarakat Banjarbaru," ujar mantan wali kota Banjarbaru dua periode itu.

Wakil Ketua II PB PBSI I Gusti Made Oka mengatakan, alasan dipilihnya Kalsel sebagai tuan rumah sirkuit kedua itu karena permintaan Pengprov PBSI Kalsel dan kesiapan tempat pertandingan.

"Sebelumnya Pengprov PBSI Kaltim juga mengajukan diri namun Pengprov PBSI Kalsel dinilai lebih siap dan tempat pertandingannya juga mendukung sehingga dipilih Kalsel sebagai tuan rumah," ujarnya.

Dikatakan Made, sirkuit nasional di Kalsel merupakan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Sulsel dari sepuluh rangkaian sirkuit nasional yang diselenggarakan sepanjang tahun.

"Rangkaian pelaksanaan sirkuit sudah dijadwalkan pada 10 provinsi dan ditetapkan 5 provinsi di Jawa dan 5 provinsi di luar Jawa yakni Sulsel, Kalsel, Sumut, Jambi dan Bali," sebutnya.

Ia mengharapkan, melalui kejuaraan ini muncul pebulu tangkis handal sehingga bisa dibina dan diarahkan menjadi pebulu tangkis nasional yang bisa berlaga di ajang internasional.

Wakil Ketua Panitia Sirnas, Ahmadi Arsyad menyebutkan, jumlah pebulu tangkis yang mengikuti kejuaraan sebanyak 985 orang yang berasal dari 87 klub dan perkumpulan bulu tangkis.

"Seluruh pemain yang berasal dari berbagai perkumpulan dan klub se-Indonesia mengikuti 896 partai yang digelar selama pertandingan berlangsung dengan total hadiah sebesar Rp260 juta," katanya./zal/C
 

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012