Kapal dengan nama Ketir Nusantara II, panjang 8,9 meter dan lebar 1,5 meter bercadik dua sehingga menjadi 6 meter itu dan menggunakan layar sebagai penggeraknya akan mengarungi laut Indonesia.

Pasi Intel Pangkalan Angkatan Laut Banjarmasin, Kapten Laut Agus Ali Hardono di Banjarmasin, Jumat (27/1) mengatakan, kapal Ketir Nusantara II itu melakukan pelayaran ekspidisi dari Jakarta-Sabang-Marauke-Jakarta dengan jarak 9000 mil.

Selain itu juga, kapal tersebut akan menempuh rute dari Tanjung Pandan-Belitung, Pelabuhan Kumai Kalteng serta selanjutnya ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel.

Usai dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Kalsel, kapal layar berukuran kecil tersebut akan menyeberang ke Makasar Sul-Sel, Kendari Sul-Tengg, Ambon, Fakfak-Papua Barat hingga ke Timika serta berakhir di Merauke.

Agus juga menjelaskan, tujuan kapal layar Indonesia itu untuk meningkatkan apresiasi terhadap jiwa maritim kebaharian serta pemahaman akan fungsi laut sebagai pemersatu Nusantara.

"Ekspedisi layar Sabang-Merauke 2011 yang dilakukan oleh Kapal Ketir Nusantara II itu dimulai dan dilepas secara resmi pada Minggu 29/5 di gelanggang olah raga air bahtera jaya ancol oleh Laksamana Pertama TNI Kingki Suroso SE," ucapnya.

Bukan itu berdasarkan Telegram Kepala Staf Angkatan Laut No 010/POT/0611 TWU 0606 1426 ekpedisi yang dilakukan kapal Ketir Nusantara II itu didukung oleh pihak TNI-AL untuk melaksanakan kegiatan penyambutan dan pelepasan kapal layar tersebut.

Kapal Ketir Nusantara II itu nantinya diperkirakan akan memasuki wilayah Banjarmasin pada Minggu (29/1) sekitar pukul 10.00 wita yang bertempat di pelabuhan Trisakti Banjarmasin tepatnya didermaga 400/500.

Penyambutan kapal layar Ketir Nusantara II itu langsung oleh Komandan Lanal Banjarmasin, Letkol Laut Ahmad Wibisono, beserta para Muspida tingkat I lainya.

"Kita perkirakan kapal layar berukuran kecil tersebut akan berada di Banjarmasin selama lebih kurang 3 hari untuk perawatan dan rileks sejenaka," tuturnya.

Untuk diketahui nantinya Kapten Kapal Ketir Nusatara II itu akan melakukan dialog interaktif bersama Mahasiwa pencinta alam se-Banjarmasin serta perwakilan pramuka saka bahari dan SMU, acara tersebut nantinya bertempat di Gedung Hasan Basri Lanal Banjarmasin sekitar pukul 10.00 wita. gun/D

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012