Tanjung, Antaranews.Kalsel - Pemerintahan  Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengalokasikan Rp200 juta untuk membentuk Badan Usaha Milik  Desa (Bumdes)  untuk meningkatkan pendapatan desa.     

Direktur Bumdes Karya Mandiri Desa Kapar Erwansyah di Tanjung, Selasa mengatakan pembangunan infrastruktur Bumdes dimulai 2018 menggunakan dana desa.    

"Tahun ini Bumdes sudah terbentuk namun hanya sebatas persiapan sumber daya manusia melalui pelatihan dan 2018 baru beroperasi," jelas Erwansyah.      

Bumdes Karya Mandiri ungkap Erwansyah akan mengelola jenis usaha jasa berupa Bumdes Mart dengan harapan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat maupu warga desa.     

 Erwansyah sendiri menjadi salah satu peserta bimbingan teknis Bumdes maupun Bumdes Mart yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerj bersama pengurus 57 Bumdes lainnya.      

Kepala Dinas Tenaga Kerja Syaiful Ikhwan menyampaikan bimbingan teknis ini untuk memberikan perbekalan dalam pengelolaan Bumdes maupun Bumdes Mart.      

"Pemerintah daerah menargetkan 121 desa di Tabalong bisa mengembangkan Bumdes maupun Bumdes Mart dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat," jelas Syaiful.   

Bimbingan teknis Bumdes sendiri dibuka oleh Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamidah Mumawarah dan menyampaikan dengan terbentuknya Bumdes setidaknya desa secara  mandiri meningkatkan ekonomi lokal.     

"Tiap desa bisa memanfaatkan potensi lokalnya dalam mengembangkan usahanya termasuk melalui pembentukan Bumdes dan Bumdes Mart," jelas Hamida

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017