Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ruang Bermain Anak (RBA) di Taman Kamboja Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan masuk enam RBA terbaik nasional.

Kepala Dinas Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarmasin Iwan Fitriadi Senin mengatakan, periode 2017 dipilih RBA Taman Kamboja masuk enam RBA terbaik se kabupaten/kota di Indonesia oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"RBA Taman Kamboja terpilih enam terbaik dari 542 kabupaten/kota di Indonesia, ini merupakan kebanggaan pastinya," ujar Iwan.

Menurut dia, RBA Taman Kamboja yang masuk enam besar itu sejajar dengan RBA Surakarta dan Surabaya, di mana akan bersaing lagi untuk dipilih menjadi tempat peluncuran program RBA dari Kemen-P3A pada 2018.

"Kemen-P3A sudah melakukan penilaian terhadap RBA Taman Kamboja, dan sudah diberi skor nilai dengan pringkat RBA pratama," terangnya.

Menurut dia, RBA Taman Kamboja yang beralamat di Jalan Anang Adnansi, Banjarmasin Tengah ini diberi waktu tiga bulan untuk melakukan pembenahan agar naik peringkat, minimal Madya, hingga berpeluang menjadi tempat peluncuran RBA dari Kemen-P3A pada 2018.

"Tentunya kita optimis RBA Taman Kamboja akan bisa yang terbaik, sebab Pemkot juga mendung perbaikan taman itu dari tahun ini hingga 2018," ujarnya.

Sebagai kota yang sudah dapat penghargaan kota ramah anak pada 2017 dari Kemen-P3A, Banjarmasin terus melalukan pembenahan untuk membuat taman bermain ramah anak yang salah satunya di RTH Kamboja.

"Sekarangkan ada pula satu titik di bawah jembatan Banua Anyar, itu RBA ramah anak juga," bebernya.

Iwan menyatakan, Kota Banjarmasin yang juga sudah meraih tiga kali penghargan Adipura Kirana terus juga membenahi pertamanan, hingga menjadi taman yang asri untuk bermain beserta keluarga.

"Dengan banyak tempat bermain dan santai yang hijau dan asri ini, diharapkan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak turun signifikan, bahkan sampai tidak ada lagi," demikian harap Iwan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017