Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, meningkatkan kesenian lokal dengan melantik dan mengukuhkan dewan kesenian daerah masa periode 2017-2022.

Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, di Batulicin, mengatakan dengan adanya pengukuhan dan pelantikan kepengurusan dewan kesenian nantinya bisa meningkatkan seni dan budaya daerah dan masih tetap eksis dengan adanya perkembangan zaman.

"Saya ucapkan selamat atas dilantiknya dan dikukuhkannya dewan pengurus kesenian daerah yang baru. Besar harapan kepengurusan yang baru ini mampu menjawab tantangan terhadap peningkatan dan kualitas seni budaya didaerah ini,"katanya.

Dikatakan, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki seni budaya daerah yang penuh dengan kearifan lokal, memiliki beragam macam suku, etnis, budaya yang beragam sehingga memberikan warna yang begitu banyak pada aneka seni dan budaya.

Oleh karena itu Keberadaan Dewan Pengurus Kesenian yang ada didaerah ini memiliki arti penting dan bermakna strategis sebagai wadah dalam upaya menjaga, melestarikan dan sekaligus mewariskan budaya pada generasi penerus.

Diharapkan dewan kepengurusan nantinya mampu bekerja secara profesional dalam meningkatkan tatanan managerial maupun kemampuan seninya. Karena fungsi Dewan Kesenian harus lebih dioptimalkan termasuk jaringan kerjasamanya dengan pihak swasta dan dewan Kesenian Daerah Kabupaten atau kota lainnya.

Sementara Ketua Umum Dewan Pengurus Kesenian Daerah Tanah Bumbu, I Wayan Sudarma menambahkan, kesempatan ini akan di lakukan dengan semaksimal mungkin selama menjabat sebagai ketua.

kerjasama yang baik tetap terjaga hingga masa ahir jabatan sehingga apa yang menjadi angan angan kita untuk memajukan seni dan budaya di Tanah Bumbu bisa berjalan sesuai dengan harapan.

"Pemberdayaan seni tidak hanya harus dijaga tetap lestari dan menjadi simbol kepribadian, namun juga ditekankan pada unsur hiburan, ekonomi, pendidikan dan pariwisata selain itu  kemajuan seni tidak hanya didukung anggaran yang baik, tapi juga pada sistem pengelolaan yang baik juga berpengaruh," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono/Humas

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017