Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Barito Kuala, H Hasanuddin Murad menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017, di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (30/10).

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi, Sekdakab Batola H Supriyono, Perwakilan Forkopimda, sejumlah anggota DPRD Batola, Ketua TP-PKK Hj Noormiliyani AS, dan perwakilan organisasi wanita lainnya.

Sementara peserta upacara terdiri dari ASN Pemkab Batola, anggota TNI, Polri, Satpol PP, pelajar, pramuka serta Organisasi kepemudaan.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi dalam sambutannya dibacakan Bupati Batola H Hasanuddin Murad mengatakan, bangsa Indonesia patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda  yang sudah melahirkan sumpah pemuda.

“Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” ujarnya.

Namun, sebut dia, bila dibandingkan dengan zaman dahulu dengan sekarang berbagai kemudahannya justru lebih berselisih faham, mudah sekali terpecah belah, menebar fitnah dan kebencian.

Padahal, sebut dia,  dengan kemudahan teknologi dan transportasi sekarang, seharusnya lebih mudah untuk berkumpul, bersilaturahmi dan berinteraksi sosial.

“Sebetulnya tidak ada ruang untuk salah faham apalagi membenci, karena semua hal dapat kita konfirmasi dan dapat diklarifikasi dalam hitungan detik", tegas Menpora dalam anamat yang dibacakan Bupati Batola.

Dalam amanat tersebut Menpora juga berpesan, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Stop segala perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada bung karno, karena masih berkutat di soal-soal itu-itu saja,” tegasnya.

Sudah saatnya, ingkap dia,  melangkah ke tujuan yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Juli 2017 Presiden Joko Widodo telah menandatangani Perpres Nomor 66/2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan," terangnya.

Melalui Perpres tersebut, tegassssnya, peta kebangkitan kepemudaan Indonesia terus digelorakan bersama Pemda, organisasi kepemudaan dan sektor swasta bergandengan tangan bergotong.


Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017