Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan  gerakan cuci tangan pakai sabun se-dunia adalah kampanye untuk menggalakan perilaku mencuci tangan sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian, pencegahan penyakit dan penyebaran infeksi yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

"Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini," kata Hj Ririen Nadjmi Adhani saat Sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dan Kegiatan Hari Cuci Tangan pake sabun sebagai rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53.

Menurutnya melalui acara ini anak-anak diberi pengetahuan tentang cara cuci tangan yang benar sekaligus memperaktikannya, sebab Cuci tangan  memang kerapkali dilupakan saat hendak makan atau sesuai memegang benda.

Dijelaskan setelah melaksanakan cuci tangan dapat mulai untuk mengkomsusi makanan yang akan kita komsumsi, dan makanannya haruslah yang bergizi tinggi dan dapat menyehatkan badan. Makanan tersebut tidaklah harus yang mahal dan sumber makanan tersebut dapat kita peroleh dari ikan.

Ikan merupakan bahan pangan yang sangat baik bagi tubuh manusia karena ikan mengandung zat zat yang dibutuhkan seperti protein, mineral asam amino dan terutama omega tiga yang tinggi. Zat zat tersebut dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak untuk membentuk generasi yang sehat, kuat dan cerdas.

"Mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh maka melaui kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat kota banjarbaru mulai dari anak anak hingga yang dewasa untuk membiasakan makan ikan," tambah Hj Ririen Nadjmi. 

Ia menjelaskan sumber makanan ini sangat mudah didapat, selain tersedia dipasar, dilingkungan tempat tinggal kita pun banyak tersedia seperti sungai rawa dan danau, selain itu juga pemerintah secara rutin telah melakukan penebaran benih ikan di perairan seperti danau dan sungai .

Gerakan memasyarakakan makan ikan melaui pemberian makanan tambahan bagi anak sekolah yang disenggelarakan hari ini, merupakan upaya meningkatkan gizi masyarakat status gizi masyarakat terutama anak sekolah juga merupakan salah satu mata rangkai penyerapan hasil perikanan yang harus di produksi oleh masyarakat. 

Seiring dengan produksi peningkatan perikanan, maka komsumsi ikan oleh masyarakat sangat penting dipacu pertumbuhannya antara lain melalui optimalisasi pasar ikan, mendorong tumbuhnya rumah makan yang menyediakan masakan berbahan baku ikan dan meningkatkan para ahli masak propisional dalam menciptakan menu olahan ikan serta mengugah minat masyarakat untuk mengkomsumsi ikan.

Ririen berpesan kepada para guru dan siswa SDN 05 Sungai Ulin Banjarbaru agar mencuci tangan waktu selesai bermain atau pun waktu istirahat sebelum makan. 

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Said Abdullah dan Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj  Nahdatun Nusrah serta Ketua TP PKK Kecamatan se Kota Banjarbaru mencontohkan gerakan cuci tangan dengan benar.

Dalam rangka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan juga diadakan tanya jawab oleh Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya, Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Said Abdullah dan Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj  Nahdatun Nusrah kepada para siswa/siswi SDN 05 Sungai Ulin Banjarbaru.


Acara yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan dan Perikanan Kota Banjarbaru bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru dan TP PKK Kota Banjarbaru dihadiri Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya.

Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Said Abdullah dan Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Hj Nahdatun Nusrah saat menghadiri sekaligus  Bertempat  Banjarbaru. 

Serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan dan Perikanan, Kepala Disdalduk KB PMP & PA Kota Banjarbaru, Camat, Lurah, Ketua TP PKK Kecamatan dan Ketua TP PKK Kelurahan se Kota Banjarbaru./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017